Saturday, November 9, 2019

Panduan Mengerjhendak Aplikasi Ard Madrasah

Seiring dengan diterapkannya Aplikasi Rapor Digital Madrasah (ARD Madrasah), Dirjen Pendis Kemenag juga sedia merilis panduan untuk mengerjakan aplikasi ARD Madrasah. Panduan Penggunaan Aplikasi Raport Digital ini disusun untuk operator madrasah bersama guru madrasah untuk setiap jenjang madrasah mulai dari MI, MTs, bersama MA.

Sehingga dalam artikel ini pun atas membagikan ulang panduan untuk masing-masing jenjang. Meliputi Panduan Penggunaan ARD Madrasah untuk operator bersama guru Madrasah Ibtidaiyah, Panduan Penggunaan ARD Madrasah untuk operator bersama guru Madrasah Tsanawiyah, bersama Panduan Penggunaan ARD Madrasah untuk operator bersama guru Madrasah Aliyah.

Aplikasi Rapor Digital Madrasah ataupun disingkat ARD Madrasah merupakan aplikasi terbaru yg dirilis oleh Dirjen Pendis Kementerian Agama. Aplikasi ini menjadi salah satu implementasi dari Juknis Penilaian Hasil Belajar dengan MI (SK Dirjen Pendis Nomor 5161 Tahun 2020), MTs (SK Dirjen Pendis Nomor 5162 Tahun 2020), bersama MA (SK Dirjen Pendis Nomor 3751 Tahun 2020). Sesuai Edaran tentang ARD Madrasah (Surat Edaran Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Nomor 1594/DJ.I/DT.II.I/KS.00/10/2020), ARD Madrasah mulai diberlakukan dengan semester gasal tahun pelajaran 2020/2020 ini.

Seiring dengan diterapkannya Aplikasi Rapor Digital Madrasah  beringsang Panduan Mengerjhendak Aplikasi ARD Madrasah

1. Jenis Pengguna ARD Madrasah


Di tingkat madrasah, pengguna Aplikasi Rapor Digital Madrasah dibedakan menjadi dua jenis, yaitu Akun Operator Madrasah bersama Akun Guru.

Sesuai dengan panduan mengerjakan ARD Madrasah yg dirilis oleh Dirjen Pendis, Operator Madrasah memiliki beberapa tugas dalam menjalankan akunnya. Tugas-tugas tersebut antara lain adalah:

  • Melengkapi data madrasah
  • Melakukan konfigurasi data mata pelajaran
  • Menginput muatan lokal
  • Menginput ekstrakurikuler
  • Menginput data guru
  • Menginput data siswa
  • Menginput data rombongan belajar
Akun guru dibuat oleh operator madrasah saat melakukan input data guru. Sedang tugas yg harus dilakukan antara lain:
  • Melakukan konfigurasi bobot bersama KKM
  • Menginput nilai harian
  • Menginput nilai akhir
Khusus bagi guru yg menjabat sebagai wali kelas ditambah dengan tugas 
  • Melakukan penilaian sikap
  • Menginput data prestasi siswa
  • Menginput data absensi siswa
  • Mencetak raport

2. Download Panduan Penggunaan ARD Madrasah


Sebelum mulai mengerjakan Aplikasi Rapor Digital Madrasah ada baiknya operator madrasah maupun guru madrasah mengunduh bersama mempelajari panduan penggunaan ARD Madrasah. Sehingga masing-masing pihak atas tahu bersama paham tugas, wewenang, serta prosedur bersama tata cara mengerjakan Aplikasi ARD Madrasah.

Untuk mengunduh pedoman mengerjakan ARD Madrasah, silakan KLIK DI SINI

Lalu silakan unduh pedoman yg diinginkan sesuai dengan jenjang masing-masing yg terdiri atas: 
  • Panduan ARD Madrasah MI untuk Operator bersama Guru
  • Panduan ARD Madrasah MTs untuk Operator bersama Guru)
  • Panduan ARD Madrasah MA untuk Operator bersama Guru
  • Slide Singkat ARD Madrasah untuk Operator
  • Slide Singkat ARD Madrasah untuk Guru
  • Template untuk Mengunggah Data Siswa Secara Kolektif
  • Template untuk Mengunggah Data Guru Secara Kolektif

Dengan masing-masing pihak memahami tugas, tanggung jawab, prosedur, bersama tata cara dalam mengerjakan Aplikasi Rapor Digital Madrasah diharapkan beban pekerjaan tidak hanya ditimpakan kepada operator madrasah saja. Namun beroleh dibagi kepada masing-masing guru pelajaran, guru kelas, bersama wali kelas. Sehingga pengerjaan ARD Madrasah atas semakin ringan bersama akuntabel.

Baca Juga:

No comments:

Post a Comment