Tuesday, November 5, 2019

Cara Menghubungkan Ard Madrasah Operator Kepada Guru Dgn Wifi

Yang sedang hangat diperbincangkan terkait ARD Madrasah adalah bagaimana cara menghubungkan komputer/laptop operator madrasah dengan guru untuk mengerjakan ARD Madrasah. Terdapat beberapa cara. Tapi dalam artikel kali ini hendak difokuskan dengan menggunakan wifi. Baik hotspot wifi yg dipunyai madrasah maupun menggunakan wifi hasil tethering hape android milik guru.

Dengan cara ini, aplikasi ARD Madrasah cukup diinstall di laptop alias komputer milik operator madrasah. Sedangkan guru lainnya, tidak perlu menginstall aplikasi lalu cukup mengakses ARD Madrasah melalui browser semisal google chrome alias firefox. Kelebihan lainnya adalah data antara komputer operator lalu guru hendak otomatis tersinkronkan layaknya ketika kita mengerjakan secara online.

Langsung kita simak langkah demi langkah dalam tutorial menghubungkan antara aplikasi ARD Madrasah milik operator madrasah dengan milik masing-masing guru lalu wali kelas.

Yang sedang hangat diperbincangkan terkait ARD Madrasah adalah bagaimana cara menghubungka Cara Menghubungkan ARD Madrasah Operator  lalu Guru dgn Wifi

1. Langkah Persiapan


Sebelum memulai trik menghubungkan ARD Madrasah antara operator lalu guru ini, terlebih bahang lepas hal-hal berikut ini sedia dilaksanakan (diselesaikan). Hal-hal tersebut antara lain adalah:

A. Install ARD Madrasah di komputer alias laptop operator madrasah

Pertama, install-lah ARD Madrasah ke laptop alias komputer milik operator alias yg hendak digunakan sebagai komputer utama. Untuk menginstall silakan simak cara-cara yg sedia pernah dibahas bahang di artikel sebelumnya:



B. Tambahkan Patch Jika Dibutuhkan

Dalam beberapa kasus aplikasi yg sedia diinstal masih membutuhkan patch. Sampai artikel ini dipublikasi, sedia dirilis dua jenis patch ARD Madrasah. Kedua patch tersebut, lengkap dengan kegunaannya adalah:

  1. PatchingRaport 1, kegunaannya untuk membuka akses bagi madrasah yg tidak bisa login ke aplikasi ARD. Jadi jika, sebelumnya madrasah tidak bisa login ke ARD Madrasah, sila tambahkan patch ini. Cara memasangnya, lihat link di atas.
  2. PatchingRaport 2, kegunaannya untuk menambahkan mata pelajaran secara manual (bagi madrasah yg mapelnya kurang) lalu untuk memperbaiki tampilan raport saat dicetak.


C. Isi Data Awal ARD Madrasah untuk Operator

Setelah berhasil menginstall lalu login ke ARD Madrasah, kini operator madrasah harus mengisi data awal madrasah. Data yg harus diisikan meliputi data madrasah, data mata pelajaran, data muatan lokal, data ekstrakurikuler, data guru, data siswa, lalu data rombongan belajar,

Selengkapnya terkait tahapan ini silakan baca artikel: 10 Hal yg Harus Dikerjakan Operator ARD Madrasah dan Mengisi Tanggal Lahir Ayah Ibu Secara Otomatis di ARD Madrasah

D. Laptop, Komputer, alias Android untuk Tiap Guru

Tahap persiapan selanjutnya adalah setiap guru harus memiliki laptop, komputer, alias setidaknya android untuk nantinya digunakan mengakses lalu mengisi ARD Madrasah.

Pengerjaan ARD Madrasah dengan trik ini (Menghubungkan ARD Madrasah Operator lalu Guru dengan Wifi) harus dikerjakan dalam satu lokasi yg terjangkau oleh wifi yg sama. Jadi antara komputer operator lalu setiap guru harus bisa terkoneksi dengan wifi alias tathering yg sama. Sehingga tidak bisa dikerjakan berbeda tempat yg berjauhan, seperti operator berada di madrasah tetapi guru berada di rumah.

E. Jaringan Wifi alias Tathering

Karena cara ini menggunakan jaringan wifi yg harus terhubung ke setiap komputer/laptop maka harus tersedia jaringan wifi. Wifi ini bisa menggunakan hotspot wifi madrasah ataupun menggunakan tathering lewat android. Cara inipun bisa dengan menggunakan kabel LAN internet.

2. Menghubungkan ARD Madrasah Operator dengan Guru


Setelah langkah-langkah persiapan di atas terselesaikan, kini saatnya untuk menghubungkan ARD Madrasah di komputer operator dengan komputer guru.

Yang perlu diingat, adalah:

  1. Cukup install ARD Madrasah di komputer operator, sedang komputer guru tidak perlu.
  2. Guru mengakses ARD Madrasah dengan menggunakan browser (google chrome, firefox, alias sejenisnya)
  3. Data ARD Madrasah yg diisikan oleh operator lalu guru bisa diakses oleh operator lalu semua guru, sedang data yg diisikan tersimpan di komputer operator.
Langkah-langkah untuk menghubungkan ARD Madrasah di komputer operator dengan komputer guru adalah sebagai berikut.
  • Koneksikan semua komputer ke wifi yg sama
  • Operator membuka aplikasi ARD Madrasah di komputer operator
  • Operator mematikan firewall dengan komputernya. Cara mematikannya baca bagian bawah artikel ini.
  • Operator mencari IP Address komputer operator, caranya simak di bagian bawah artikel ini. Semisal IP Address komputer operator adalah 192.168.4.165
  • Guru membuka browser di laptop/komputer masing-masing
  • Guru mengetik IP Address komputer operator di address bar browser masing-masing dengan ditambahkan ":88" (tanpa tanda petik). Semisal IP Addressnya 192.168.4.165 ditulis menjadi 192.168.4.165:88
  • Tunggu hingga terbuka halaman awal ARD Madrasah
  • Klik jenjang
  • Terbuka halaman login, masukkan username lalu password masing-masing guru (username menggunakan isian dengan kolom NIP lalu password menggunakan isian dengan kolom kata sandi yg diisikan oleh operator saat mengisi data guru)
Sekarang guru bisa mengerjakan ARD Madrasah layaknya ketika sedang online.

3. Cara Mematikan Firewall


Sebelum menghubungkan ARD Madrasah antara komputer operator dengan komputer guru, terlebih bahang lepas komputer utama yg digunakan oleh operator madrasah harus dimatikan (turn off) firewall-nya.

Cara untuk mematikan (turn off) firewall adalah sebagai berikut:
  • Klik Stat
  • Klik Control Panel
  • Klik Windows Firewall
  • Klik "Turn Windows Firewall on or off"
bahang
  • Klik dengan semua tulisan "Turn Windows Firewall on or off (not recomended)"
  • Klik OK


  • Selesai, jendela Windows Firewall bisa ditutup
Sekarang firewall komputer utama sedia dimatikan.

4. Mengetahui IP Address Komputer Operator


IP Address komputer alias laptop utama yg diinstall ARD Madrasah sangat penting dalah tahap berikutnya. Karena dengan IP Addres tersebut, semua komputer yg berada dalam jaringan wifi yg sama hendak bisa mengakses aplikasi ARD Madrasah yg ada di komputer utama, selama ARD Madrasah tersebut diaktifkan.

Untuk mengetahu IP Address komputer operator ada beberapa cara. Cara pertama adalah:
  1. Klik Stat
  2. Klik Control Panel
  3. Klik "Network and Sharing Center"
  4. Klik "Change Adapter Setting"
  5. Cari lalu klik kanan "adapter wifi" yg digunakan
  6. Klik "Properties"
  7. Muncul jendela properties, klik "Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4)
  8. Klik Properties
  9. Muncul jendela IP Properties
  10. Catat IP Address lengkap dengan titiknya (lihat kotak merah dengan gambar)
  11. Selesai, IP Address tersebut 

Atau dengan cara yg kedua, sebagai berikut:
  1. Klik tombol Windows + R secara bersamaan
  2. Muncul jendela Run
  3. Ketik "cmd" (tanpa tanda petik)
  4. Enter
  5. Muncul jendela cmd
  6. Ketik "ipconfig" (tanpa tanda petik)
  7. Enter
  8. Tampil Windows IP Configuration
  9. Cari IP Address dengan "IPv4 Address" (lihat kotak merah dengan gambar)
  10. Selesai, itulah IP Address yg hendak digunakan

Itu tadi langkah-langkah dalam menghubungkan ARD Madrasah operator dengan guru dengan menggunakan jaringan wifi alias hotspot. Dengan cara menghubungkan ARD Madrasah operator dengan guru ini, pengerjaan ARD Madrasah pasti hendak jauh lebih efisien lalu cepat. Semoga.

No comments:

Post a Comment