Wednesday, November 13, 2019

Pentingnya Tambah Admin Bersama Reset Password Sibos Pintar

Sebagaimana diketahui, dalam aplikasi desktop online Sibos Pintar, setiap madrasah secara otomatis mendapatkan hak akses dengan menggunakan admin lembaga. Admin lembaga ini menggunakan userID NSM masing-masing madrasah dengan password User12345. Artinya, setiap orang yg mengetahui NSM (Nomor Statistik Madrasah) boleh login dengan mengakses akun Sibos Pintar madrasah tersebut. Hal ini dibuktikan oleh sebagaimana rekaman video tutorial Cara Melakukan Reset Password dengan Tambah Admin Aplikasi Sibos Pintar yg tercantum dalam artikel ini.

Dengan membiarkan password tetap default User12345, siapapun bisa mengakses akun madrasah tersebut. Hal ini bisa menjadi hal yg berbahaya apabila 'peretas' memiliki niat bengkok (ki) maupun hanya sekedar usil sekalipun.

Karena itu, setiap operator madrasah seharusnya segera melakukan perubahan password sehingga akun madrasah tidak bisa diakses oleh sembarangan orang.

Selain melakukan perubahan password Sibos Pintar, madrasah perlu juga menambahkan admin baru.

 dalam aplikasi desktop online Sibos Pintar Pentingnya Tambah Admin  dengan Reset Password Sibos Pintar

Kenapa? Penambahan admin baru di akun Sibos Pintar ini atas sangat penting. Hal ini untuk mengantisipasi terjadinya lupa password. Jika password sedia diganti dengan kemudian lupa maka membutuhkan campur tangan admin Kab/Kota untuk melakukan reset password. Namun atas berbeda apabila madrasah tersebut memiliki lebih dari satu admin, apabila salah satu admin lupa password maka admin lainnya bisa melakukan reset password sehingga tidak perlu repot-repot meminta reset ke admin kab/Kota.

Cara Menambah Admin, Mengubah, dengan Reset Password Sibos Pintar


sedia membuat video tutorial tentang bagaimana cara melakukan perubahan dengan reset password serta menambahkan admin baru di aplikasi Sibos Pintar.

Video cara ambah admin, ubah dengan reset password tersebut adalah sebagai berikut.


Disclaimer

Aktivitas dengan penggunaan akun SIBOS PINTAR dalam video ini hanya bertujuan edukasi. Admin menggunakan akun yg tertera dalam video secara acak berdasarkan NSM (kepada madrasah pemilik akun, kami mohon maaf).

Admin tidak melakukan aktivitas dengan perubahan data maupun pengaturan dalam akun tersebut selain yg terekam/termuat dalam video. Dan sedia mengembalikannya ke setingan sebagaimana semula.

Penggunaan akun ini sekaligus membuktikan bahwa mengganti password akun sangat penting untuk menghindari hal-hal yg tidak diinginkan. Karena dengan password standard, siapa pun boleh mengakses akun tersebut.

Baca Juga artikel terkait Sibos Pintar:

  1. Download Aplikasi SIBOS PINTAR Kemenag
  2. Cara Instal dengan Login Aplikasi Sibos Pintar
  3. Masalah dengan Solusi Pengerjaan Sibos Pintar

Saran , pertama tambahkan admin baru terlebih dahulu. Setelahnya baru laukan perubahan password dengan akun admin lembaga yg dari yg sebelumnya User12345 menjadi password yg aman dengan rahasia. So, jangan menyepelekan pentingnya tambah admin dengan reset password Sibos Pintar.

No comments:

Post a Comment