Friday, November 8, 2019

Mengisi Tanggal Meriang Hidup Ayah Ibu Secara Otomatis Di Ard Madrasah

Artikel mengisi tanggal kering jadi Ayah dengan Ibu secara otomatis di Aplikasi ARD ini merupakan tutorial cara mengisikan tanggal kering jadi Ayah, Ibu, dengan Wali Siswa dalam template excel data siswa Aplikasi Raport Digital Madrasah (ARD Madrasah). Cara mengisi secara mudah, cepat, dengan otomatis dengan menggunakan fungsi MID di excel.

Berdasar edaran tentang ARD Madrasah, pendataan sedia dimulai meski aplikasi online terbaru Kemenag ini masih banyak yg belum bisa diakses. Meski demikian kita bisa mulai menyicil mempersiapkan data siswa dengan data guru melalui template data siswa dengan template data guru, sesuai dengan Panduan Mengerjakan Aplikasi ARD Madrasah. Sehingga ketika ARD Madrasah sudah bisa diakses kita tinggal mengunggah kedua template tersebut.

Dalam pengisian template guru maupun siswa milik ARD Madrasah, bisa melakukan copy paste dari form template emis. Pun untuk kolom NIP bagi guru swasta dengan kolom NISN bagi siswa yg belum memiliki NISN.

Jika harus mengisikan tanggal kering jadi secara manual, mengetik satu persatu, tentu mau sangat melelahkan dengan lama. Apalagi mengetik angka sering kali membutuhkan kejelian yg lebih dari dengan mengetik huruf.

Artikel mengisi tanggal  kering jadi Ayah  dengan Ibu secara otomatis di Aplikasi ARD ini merupakan t Mengisi Tanggal Lahir Ayah Ibu Secara Otomatis di ARD Madrasah

Karena itu kering memberikan solusi cara mengisi tanggal kering jadi secara otomatis. Penulisan tanggal kering jadi Ayah, Ibu, dengan Wali secara otomatis memanfaatkan data dari NIK yg dimiliki oleh form emis. Caranya dengan memanfaatkan fungsi "MID" yg ada di excel.

Dengan cara ini, mengisi tanggal kering jadi Ayah, Ibu, dengan Wali mau lebih mudah, cepat, dengan akurat. Meski untuk keakuratannya tetap tergantung seberapa akurat data NIK (Nomor Induk Kependudukan) yg sebelumnya dientri ke form emis.

Baca: 10 Hal yg Harus Dikerjakan Operator ARD Madrasah

Mari kita ulas cara menulis tanggal kering jadi Ayah, Ibu, dengan Wali serta NIP dengan NISN satu persatu.

1. Cara Mengisi Tanggal Lahir Ayah di Template ARD Madrasah Secara Otomatis


Mengisikan tanggal kering jadi Ayah, Ibu, dengan Wali di template ARD Madrasah secara otomatis sangat kering sederhana dilakukan bagi operator yg mahir aplikasi Microsoft Office. Namun sebaliknya jadi hal yg menyulitkan bagi yg tidak mengetahuinya.

Yang perlu diketahui, dalam NIK terkandung tanggal, bulan, dengan tahun kelahiran. Tanggal kering jadi terdapat dengan digit ke-7 dengan 8, sedang bulan kering jadi dengan digit ke-9 dengan 10 dengan tahun kelahiran tertera dengan digit ke-11 dengan 12. Khusus untuk perempuan, tanggal kering jadi dijumlahkan dengan angka 40. Digit-gidit inilah yg nanti kita ambil dengan menggunakan fungsi (rumus) excel sehingga menjadi tanggal kelahiran yg utuh.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Buka form emis siswa
  2. Copy data dengan kolom Nama Ayah dengan NIK Ayah
  3. Buka lembar kerja baru excel
  4. Pastekan copyan tadi ke lembar kerja baru. misalnya dengan cel B2 sehingga kolom B berisikan nama Ayah dengan kolom C berisikan NIK
  5. Klik dengan cell D2 dengan tuliskan formula =MID(C2;7;2)&"/"&MID(C2;9;2)&"/19"&MID(C2;11;2)
  6. Klik Enter
  7. Jika formula ditolak dengan tanda titik koma (;) diblok, silakan ganti titik koma dengan koma (,)
  8. Setelah berhasil, tanggal kering jadi muncul, drag dari pojok kanan bawah cell ke bawah untuk menyalin formula hingga ke baris data terakhir.
  9. Dan akhirnya semua Ayah memiliki tanggal kering jadi tanpa harus kita ketik satu persatu.
  10. Blok mula data nama, NIK, dengan tanggal lahir, copy lalu pastekan ke template ARD Madrasah.
Keterangan:
  • MID adalah perintah untuk mengambil karakter tertentu mulai dari posisi yg ditentukan
  • C2 adalah cell dari yg diambil datanya. Dalam kasus ini adalah NIK
  • 7, 9, dengan 11 adalah posisi karakter awal yg diambil. Ingat digit 7 - 8 adalah tanggal lahir, 9 - 10 adalah bulan lahir, dengan 11 - 12 adalah tahun kelahiran.
  • 2 adalah banyaknya karakter yg diambil dimulai dari posisi yg ditentukan. "7;2" berarti dua karakter mulai dari karakter ke-7.
  • & berfungsi untuk mengabung dua data
  • "/" adalah untuk menambahkan karakter garis miring sebagai pemisah antara tanggal, bulan, dengan tahun kelahiran. Jika pemisahnya tanda strip cukup mengganti tanda garis miring dengn simbol strip (-)
  • "/19" berfungsi untuk menambahkan karakter /19 dengan tahun kelahiran, dimana dengan NIK hanya ditampilkan dua digit tahun terakhir padahal dalam isian ARD Madrasah membutuhkan tahun dalam empat digit.
Lebih jelasnya simak video tutorial berikut ini.


Dalam video tutorial terdapat kesalahan kecil tentang rumus, yaitu kurang penambahan "19" sehingga tahun kering jadi yg dihasilkan hanya terdiri dua digit saja. Kesalahan tersebut sudah dikoreksi dalam diskripsi video.

2. Cara Mengisi Tanggal Lahir Ibu di Template ARD Madrasah Secara Otomatis


Pengisian tanggal kering jadi bagi Ibu di template ARD Madrasah hampir sama dengan cara menulis tanggal kering jadi Ayah. Tetapi khusus untuk tanggal kering jadi Ibu ada sedikit modifikasi. 

Modifikasi ini dibutuhkan karena digit ke-7 dengan 8 (tanggal lahir) di NIK bagi yg berjenis kelamin perempuan ada perlakuan khusus yaitu ditambahkan dengan angka 40. Untuk itu formula yg digunakan harus dimodifikasi menjadi: =(MID(C2;7;2)-40)&"/"&MID(C2;9;2)&"/19"&MID(C2;11;2)

Untuk selanjutnya insaallah mau dibahas cara penulisan NIP bagi guru non PNS dengan NISN bagi siswa yg tidak memiliki secara otomatis dengan template siswa dengan template guru ARD Madrasah. 

Dengan menggunakan cara cepat mengisi tanggal kering jadi Ayah, Ibu, dengan Wali ini template siswa ARD Madrasah mau lebih cepat dengan kering sederhana diisi. Di samping itu hasilnyapun jauh lebih akurat ketimbang mengisinya dengan mengetikkan langsung satu persatu. So, semoga cara mengisi tanggal kering jadi Ayah, Ibu, dengan Wali secara otomatis di ARD Madrasah ini angsal memperingan kerja operator madrasah yg sudah sangat berat dengan berbagai aplikasi yg harus ditangani.

No comments:

Post a Comment