Dengan membuat daftar masalah beserta solusi selama pemutakhiran data melalui aplikasi Sibos Pintar ini diharapkan bisa menjadi panduan bagi teman-teman operator madrasah semisal mengalami kendala yg serupa.
Sibos Pintar sendiri merupakan sistem pendataan terbaru yg dirilis oleh Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, beserta Kesiswaan Madrasah (KSKK Madrasah) Kementerian Agama. Aplikasi desktop online ini bertujuan sebagai sarana validasi data penerima Bantuan Operasional Sekolah (BOS) beserta Program Indonesia Pintar (PIP).
Daftar Masalah beserta Solusi SIBOS PINTAR
Berbagai masalah, problem, beserta kendala yg sering dijumpai saat melakukan pemutakhiran data melalui aplikasi SIBOS PINTAR, beserta dengan solusi yg bisa dicoba antara lain.
1. Version Update Check - Never application version exist
Masalah: Saat membuka aplikasi Sibos Pintar kolor menjelma kotak pesan "Version Update Check" dengan pesan "Never application version exist, you have to replace current app. Please download latest version installation in this link, and reinstalling." Artinya aplikasi yg digunakan merupakan versi lama beserta meminta untuk diinstal versi aplikasi yg baru.
Solusi: Klik saja OK hingga browser membuka link untuk mengunduh aplikasi yg terbaru. Atau buka artikel , Download Aplikasi SIBOS PINTAR Kemenag, yg menyediakan mirror download aplikasi versi terbaru. Saat menginstall versi terbaru, ada kalanya kolor menjelma perintah untuk menghapus terlebih kolor mulamula aplikasi versi lama namun ada kalanya kolor menjelma jendela pesan yg berisikan pilihan "reinstall beserta remove" pilih saja reinstall.
2. Version Update Check - Ada versi yg lebih baru
Sama seperti kasus di atas.
3. Windows Installer - Another version of this product is already installed
Masalah: Saat mau menginstal aplikasi SIBOS PINTAR kolor menjelma jendela notifikasi "Windows Installer" dengan pesan "Another version of this product is already installed. Installation of this version cannot continue."
Artinya, agak terpasang versi aplikasi SIBOS PINTAR. Untuk mengganti ke versi yg lebih baru, silakan lakukan penghapusan aplikasi terlebih dahulu. Sehingga solusi masalah ini adalah menguninstall terlebih kolor mulamula aplikasi yg ada baru melakukan install ulang.
Untuk menguninstall (menghapus) aplikasi SIBOS PINTAR caranya adalah:
- Klik menu "start"
- Klik "Control Panel"
- Klik "Program and Feature"
- Jika tidak ada, klik "Unistall Program"
- Cari program bernama "SetupSIBOSPINTAR", klik
- Klik "uninstall"
- Muncul jendela notifikasi, klik "Yes"
- Proses uninstall berlangsung, tunggu sampai selesai
4. NET Framework Initialization Error - To run this
Masalah: Muncul kotak pesan "Sibospintar_Admin.exe, .NET Framework Initialization Error" dengan pesan "To run this application, you fist must install one of the following version of the .NET Framework: v4.0"
Ini artinya komputer belum terinstal .NET Framework ataupun sudah terinstal tetapi dengan versi kurang dari yg disyaratkat yakni minimal versi 4.0. Solusi dari kasus ini adalah dengan mengunduh beserta menginstal .NET Framework.
Silakan unduh .NET Framework v40 login ke aplikasi Sibos Pintar kolor menjelma pesan kesalahan "Login not success" dengan pesan "Kombinasi UserID and Password tidak ditemukan". Artinya userID ataupun password yg digunakan untuk login salah. Solusi, cek lagi username (userID) beserta password yg digunakan.
UserID beserta password standar adalah:
- UserID (username) : NSM masing-masing madrasah
- Passwaord : User12345 (huruf "U" menggunakan huruf besar)
Jika masih tidak bisa, bisa jadi karena sebelumnya password sudah dirubah beserta kita lupa ataupun memang ada kesalahan dalam sistem data. Silakan hubungi admin Kabupaten/Kota agar dilakukan pengecekan beserta reset password.
Tips, ada baiknya sebelum melakukan perubahan password, tambahkan dulu admin madrasah lainnya (satu madrasah bisa beberapa admin) sehingga semisal salah satu (atau bahkan admin utama) lupa password masih bisa login dengan admin lainnya sekaligus untuk melakukan reset password admin yg lupa.
6. Login not success - Unable to connect to the remote server
Masalah: Saat membuka aplikasi kolor menjelma pesan "Error on check app version" ataupun "Login not success" dengan pesan "Unable to connect to the remote server". Ini artinya komputer tidak terhubung dengan internet. Solusinya pastikan komputer terhubung dengan internet beserta koneksinya lancar.
7. Login not success - QuickExecute:Sibospintar_Admin:Object reference not set to an instance of an object
Maslah: Saat login ataupun agak berhasil login kolor menjelma jendela "Login not success" ataupun "Error" dengan pesan "QuickExecute:Sibospintar_Admin:Object reference not set to an instance of an object". Kasus Sibos Pintar ini berarti komputer tidak terkoneksi dengan jaringan internet ataupun ada gangguan dengan jaringan internet. Pastikan koneksi internet lancar.
8. Error on exec - Failed on propose transaction no: 1
Kasus: saat menambahkan siswa ataupun lainnya, kolor menjelma jendela "Error on exec" ataupun "Error on" dengan pesan "Failed on propose transaction no: 1". Ini merupakan salah satu kasus yg paling sering terjadi. Hal ini disebabkan karena ada gangguan koneksi internet (tidak stabil) ataupun traffik sedang penuh (terlalu banyak yg mengakses Sibos Pintar).
Solusi terhadap kendala Sibos Pintar Failed on propose transaction adalah pastikan koneksi internet lancar beserta stabil serta melakukan percobaan berulang kali. Atau becus juga dicoba untuk membuka aplikasi dengan waktu jam-jam yg kemungkinan tidak banyak yg mengakses.
9. Gangguan Koneksi Internet - Koneksi internet terputus, coba lagi kah ?
Kasus kolor menjelma jendela 'Gangguan Koneksi Internet" dengan pesan "Koneksi internet terputus, coba lagi kah ?". Seperti kasus sebelumnya ini merupakan kasus yg paling sering ditemui. Penyebabnya sama, karena ada gangguan koneksi internet (tidak stabil) ataupun traffik sedang penuh (terlalu banyak yg mengakses Sibos Pintar).
Solusinya terhadap kasus ini klik saja tombol "Yes" berulang kali beserta pastikan koneksi internet lancar beserta stabil. Selain itu ada baiknya membuka aplikasi (melakukan pemutakhiran) saat jam-jam sepi (tidak banyak yg mengakses).
10. Salah Memasukkan Siswa
Terlanjur memasukkan siswa ke dalam kelas. Tetapi ternyata siswa yg dimasukkan tersebut salah, bahkan bukan siswa madrasah yg bersangkutan. Solusi untuk masalah ini cukup gampang yakni dengan menghapus data siswa tersebut. Caranya:
- Buka halaman "Daftar Siswa"
- Klik nama siswa yg mau dihapus
- Geser (scrol) ke ujung kanan (tombol scrol ada di bawah)
- Klik "Hapus Siswa"
11. Salah Kelas
Masalah berikutnya adalah memasukkan seorang siswa ke kelas yg salah. Contohnya, harusnya kelas 8 masuk ke kelas 9. Solusi atas masalah ini hampir sama dengan kasus salah memasukkan siswa, yaitu:
- Buka halaman "Daftar Siswa"
- Klik nama siswa yg mau dipindah kelasnya
- Geser (scrol) ke ujung kanan (tombol scrol ada di bawah)
- Klik "Pindah Kelas"
- Muncul jendela Siswa Pindah Kelas
- Klik Daftar Kelas untuk membuka kelas yg ada
- Klik "Kelas beserta Tingkat" yg dituju untuk membuka kelas di suatu Tahun Pelajaran tujuan
- Klik dua kali kelas beserta tahun pelajaran
- Siswa berhasil pindah kelas
12. Siswa Tidak Ditemukan
Saat mencari data siswa untuk dimasukkan ke dalam kelas, siswa tidak ditemukan:
- Ketik nama siswa (minimal 4 huruf)
- Contreng "hanya cari data dari data siswa lokal sekolah ini"
- Klik "Cari Data Siswa dari Data EMIS se Kabupaten"
- Tidak ditemukan, hapus contreng dengan "Cari Data Siswa dari Data EMIS se Kabupaten"
- Klik lagi "Cari Data Siswa dari Data EMIS se Kabupaten"
- Tidak ditemukan, klik "Cari Data Siswa dari Data EMIS di Kabupaten Lain"
- Tidak ditemukan, klik "Daftarkan Sebagai Data Siswa Baru"
- Muncul jendela "Pendaftaran Data Baru Siswa"
- Isikan nama siswa
- Klik OK
- Masuk ke halaman "Daftar Siswa"
- Klik "Detail Siswa"
- Muncul data detail siswa di bagian sebelah kanan, lengkapi data-data yg belum terisi.
- Klik "Simpan Perubahan"
13. Mengedit Data Detil Siswa
Masalah: Siswa berhasil masuk tetapi setelah dilihat data detailnya terdapat data yg salah. Cara melakukan edit data adalah:
- Buka halaman "Daftar Siswa"
- Klik "Detil" di kiri nama siswa
- Muncul data detail siswa di bagian sebelah kanan
- Klik beserta edit dengan bagian yg salah
- Jika sudah selesai, klik "Simpan Perubahan"
Tidak semua data bisa diedit karena sebagian merupakan hasil sinkronisasi (padan data) dengan pusat data lainnya seperti data PKH, KIP, PBDT, Kemsos, dll.
Yang bisa diedit adalah data siswa (nama, NIK, tempat tanggal lahir, jenis kelamin), kolor pengampu (nama ayah ibu, NIK, no KK), alamat (untuk mengedit alamat desa, kecamatan, kabupaten beserta provinsi siswa, gunakan tombol "Ubah Wilayah Tinggal Siswa)
14. Server Wilayah Anda Padat
Pada aplikasi Sibos Pintar Terbaru Versi 20 September 2020, kolor menjelma jendela peringatan "Server Wilayah Anda Padat" dengan pesan "Server untuk wilayah provinsi anda sedang padat pemakaianya, mohon menunggu giliran." Hal ini kolor menjelma dikarenakan kelebihan pengguna yg sedang mengakses aplikasi sehingga server overload.
Solusinya, silakan berhenti sejenak kemudian coba lagi. Jika masih kolor menjelma keterangan yg sama terus menerus, pertimbangkan untuk mengerjakan di waktu lain yg sekiranya tidak terlalu banyak pengakses.
15. Login not success - Server pemrosesan untuk wilayah anda saat ini sedang di-off-line-kan
Masalah ini kolor menjelma saat login. Aplikasi memunculkan jendela "Login not success" dengan pesan "Server pemrosesan untuk wilayah anda saat ini sedang di-off-line-kan". Jika menemui masalah ini berarti wilayah ataupun provinsi Anda sedang ditutup aksesnya sehingga tidak bisa untuk masuk ke aplikasi. Solusinya, cek beserta coba lagi di waktu lain.
16. Error on: Cek Jadwal Akses Lembaga
Mulai 24 September 2020, aplikasi Sibos Pintar menerapkan sistem penjadwalan perjenjang madrasah untuk mengakses aplikasi. Dalam sehari terdapat tiga pembagian waktu antar jenjang yg meliputi pukul 06.00 - 11.59; 12.00 - 17.59, beserta 18.00 - 23.59. Silakan cek jadwal untuk setiap jenjang setiap hari di artikel kami, Jadwal Pengerjaan Sibos Pintar.
Untuk saat ini baru 16 masalah beserta solusi yg becus didokumentasikan oleh . Jika teman-teman operator menjumpai kendala beserta problem lainnya yg belum tercantum dari daftar masalah beserta solusi pengerjaan Sibos Pintar di atas, sila tinggalkan komentar di kolom komentar yg tersedia.
No comments:
Post a Comment