Langkah-langkah yg dilakukan meliputi persiapan yaitu melengkapi data madrasah bersama data ruang kelas. Kemudian pengisian template siswa akhir hingga menjadi file EZ. tahap ini menjadi inti dari pengerjaan aplikasi Emis Manajemen Ujian Nasional. Karena dengan tahap inilah madrasah melakukan verifikasi bersama melengkapi data siswa-siswa calon peserta ujian meriang dalam negeri hingga akhirnya siap diunggah ke aplikasi pendaftaran peserta ujian di BioUN.
UPDATE 13 DESEMBER 2020
e-Manajemen UN Madrasah Ibtidaiyah (MI) sudah pernah dibuka. Sesuai edaran Dirjen Pendis No. 5412/DJ.I/Set.I/PP.00.6/12/2020, Emis Manajemen Ujian Nasional untuk MI sudah pernah dibuka sejak 12 s.d 22 Desember 2020. Prosedur bersama tata cara seperti sebelunya.
----
Sebelum melakukan 9 langkah mengerjakan Emis Manajemen UN, yg pertama harus dilakukan tentunya adalah login ke aplikasi Emis Manajemen UN.
Cara untuk login, adalah:
- Kunjungi alamat aplikasi di:
- http://emispendis.kemenag.go.id/e-manajemen-un-mi (untuk MI)
- http://emispendis.kemenag.go.id/e-manajemen-un-mts (untuk MTs)
- http://emispendis.kemenag.go.id/e-manajemen-un-ma (untuk MA)
- Masukkan username (email) bersama password seperti yg biasa digunakan untuk login emis madrasah.
- Jika meriang pegari peringatan username bersama password salah, cek ulang username bersama password ataupun ajukan reset akun operator ke admin emis Kabupaten/Kota.
1. Lengkapi Data Madrasah
Buka menu "Informasi" lalu klik submenu "Dokumen". Lengkapi kolom-kolom yg masih kosong. Kolom-kolom itu antara lain Nama Madrasah, NSM, NPSN, Nama, NIP, bersama alamat Kepala Madrasah, Nama, NIP, bersama alamat Panitia UN, bersama Nama Kasi Madrasah/Pendidikan Islam.
2. Lengkapi Data Ruang Kelas
Masuk ke menu "Template" lalu klik submenu "Ruang Kelas". Lihat data ruang kelas yg ditampilkan.
- Jika ada ruang kelas yg belum tercantum, tambahkan dengan mengklik tombol "Tambah"
- Jika ingin melakukan perubahan data, sila unduh Template Ruang Kelas dengan cara mengklik tombol "Unduh"
- Dilarang mengubah Kode Lembaga bersama Kode Rombel
- Penulisan rombel dua digit, misalnya 01,02, 03, bersama seterusnya. Setiap beda tingkat kelas mau kembali ke awal ataupun 01
- Setelah selesai, simpan template dalam format CSV (cara menyimpan ke format CSV lihat poin 7 di bawah)
- Unggah template yg sudah pernah diperbaiki bersama dalam format CSV (sampai tulisan ini diterbitkan meriang belum menemukan menu untuk mengunggahnya)
3. Unduh Template Siswa Emis Manajemen UN
Langkah ketiga adalah mengunduh template siswa akhir. Caranya adalah:
- Klik menu "Template"
- Klik submenu "Siswa Akhir"
- Klik tombol "Unduh" yg ada di bagian atas
- Maka mau terunduh template siswa berupa file excel dengan nama "NSM_siswa_kode"
4. Cek Data Siswa Kelas Akhir
Setelah berhasil mengunduh template siswa, buka template siswa tersebut bersama cek jumlah bersama nama siswa sudah sesuai ataupun belum. Apakah terdapat siswa yg belum tercantum dalam template ataupun bahkan siswa yg sudah pernah mutasi keluar tetapi masih tercantum dalam template siswa.
Pengecekan becus dilakukan juga ketika melihat preview data siswa di menu Template >> Siswa Akhir.
5. Tambah bersama Hapus Siswa Kelas Akhir
Jika terdapat siswa yg belum tercantum ataupun bahkan siswa mutasi keluar yg masih tercantum dalam template siswa, lakukan hal-hal sebagai berikut.
Jika ada siswa yg belum tercantum bersama siswa tersebut lulusan madrasah jenjang sebelumnya (lulusan MI seandainya MTS ataupun lulusan MTs seandainya MA) ataupun mutasi masuk dari madrasah lain, cara menambahkan siswa tersebut adalah sebagai berikut:
- Klik menu "Template"
- Klik submenu "Cari Siswa"
- Ketikkan nama siswa dengan kolom pencarian
- Klik tombol "Cari"
- Akan ditampilkan nama-nama siswa yg mirip
- Cari siswa yg mau ditambahkan
- Copy "Siswa ID" yg tertera
- Paste dalam Template Siswa yg sudah pernah diunduh tadi dengan kolom "ID SISWA"
Jika siswa yg belum tercantum merupakan lulusan ataupun pindahan dari sekolah umum (SD ataupun SMP), cara menambahkan siswa tersebut adalah sebagai berikut:
- Klik menu "Template"
- Klik submenu "Tambah Siswa Umum"
- Isikan Nama Siswa, Tempat Lahir, Tanggal Lahir, bersama NISN
- Klik tombol "Simpan"
- Muncul notifikasi "Apakah data sudah benar ?" Klik Ya
- Jika data berhasil disimpan mau meriang pegari "ID Siswa" di bagian atas
- Copy ID Siswa tersebut
- Paste dalam Template Siswa yg sudah pernah diunduh tadi dengan kolom "ID SISWA"
Jika terdapat siswa yg sudah pernah mutasi keluar tetapi masih tercantum dalam template siswa yg diunduh silakan hapus baris yg berisi nama siswa tersebut.
6. Lengkapi bersama Edit Data Siswa
Langkah berikutnya dalam mengisi template siswa Emis Manajemen UN adalah melengkapi bersama memperbaiki data siswa. Lengkapi kolom-kolom yg masing kosong bersama ubah seandainya ada data yg tidak benar.
Dalam melakukan perubahan bersama pengisian data, perhatikan hal-hal sebagai berikut:
Nama Kolom | meriang meriangCara Pengisian | meriang
---|---|
ID SISWA | meriang meriangDiambil dari sistem bersama jangan dirubah | meriang
NAMA LENGKAP | meriang meriangLakukan perubahan seandainya ada nama siswa yg salah | meriang
JENIS KELAMIN | meriang meriangIsikan dengan kode 1 seandainya laki-laki bersama 2 untuk perempuan | meriang
NISN | meriang meriangLengkapi seandainya belum ada ataupun ubah seandainya ada yg salah. Di awal NISN tambahkan tanda petik (') | meriang
TMP. LAHIR | meriang meriangIsi dengan tempat meriang jadi siswa | meriang
TGL. LAHIR | meriang meriangIsi dengan tanggal meriang jadi siswa dengan format yyyy-mm-dd | meriang
ALAMAT PD | meriang meriangTulis dengan alamat siswa. Penulisan boleh menggunakan perpaduan meriang huruf besar bersama kecil | meriang
KODE AGAMA | meriang meriangIsi dengan kode 1 untuk yg beragama Islam | meriang
AGAMA | meriang meriangIsi dengan agama siswa (Islam) | meriang
NAMA AYAH | meriang meriangIsikan dengan nama Ayah sesuai dokumen yg berlaku. Jika tidak memiliki Ayah (dalam dokumen tidak tercantum nama Ayah) bisa diisi dengan nama Ibu. | meriang
KEBUTUHAN KHUSUS | meriang meriangDiisi dengan sembilan digit angka dengan ketentuan "0" seandainya tidak bersama "1" seandainya iya. Sembilan digit itu berurutan adalah (1) tunarungu, (2) tunanetra (3) tunadaksa (4) tunagrahita (5) tunalaras (6) lambanbelajar (7)sulit belajar (8) gangguan komunikasi (9) bakat luar biasa. Contoh untuk yg lamban belajar = 000001000 | meriang
ID LEMBAGA | meriang meriangKode dari sistem. Untuk siswa yg baru ditambahkan, samakan dengan lainnya | meriang
NPSN | meriang meriangIsi dengan NPSN madrasah | meriang
NO. PES UJIAN | meriang meriangIsi dengan Nomor Peserta Ujian dengan jenjang sebelumnya (untuk MI tidak perlu diisi) | meriang
NO. SKHUN | meriang meriangIsi dengan SKHU dengan jenjang sebelumnya (untuk MI tidak perlu diisi) | meriang
No. IJASAH | meriang meriangIsi dengan ijazah dengan jenjang sebelumnya (untuk MI tidak perlu diisi) | meriang
NIS LOKAL | meriang meriangIsi dengan NIS Lokal | meriang
KELAS | meriang meriangIsi dengan tingkat kelas | meriang
KODE KURIKULUM | meriang meriangIsikan 1 seandainya menggunakan K13, 2 seandainya KTSP, 3 Kurikulum PDF/SPM dari Kemenag, ataupun 4 seandainya Kombinasi | meriang
NAMA KURIKULUM | meriang meriangIsikan kurikulum yg digunakan Kurikulum 2013, KTSP 2006, Kurikulum PDF/SPM dari Kemenag, ataupun Kombinasi) | meriang
KODE ROMBEL | meriang meriangIsikan kode rombel siswa yg bersangkutan. Kode rombel bisa dilihat di menu Template >> Ruang Kelas | meriang
ROMBEL | meriang meriangDiisi dengan dua digit, yaitu 01, 02, bersama seterusnya | meriang
KODE JURUSAN | meriang meriang0 = belum, 1 = IPA, 2 = IPS, 3 = Bahasa, 4 = Agama | meriang
JURUSAN | meriang meriang1 = belum, 1 = IPA, 2 = IPS, 3 = Bahasa, 4 = Agama | meriang
KODE BAHASA | meriang meriang1 = Bahasa Arab, 2 = Bahasa Mandarin, 3 = Bahasa Jepang, 4 = Bahasa Perancis , 5 = Bahasa Jerman 6 = Bahasa Lainnya | meriang
BAHASA | meriang meriangBahasa Arab = 1, Bahasa Mandarin = 2, Bahasa Jepang = 3, Bahasa Perancis = 4, Bahasa Jerman = 5, Bahasa Lainnya = 6 | meriang
no_absen | meriang meriangDiisi dengan nomor absen siswa di setiap rombel | meriang
7. Simpan Template ke CSV
Setelah semua data terisi dengan benar, silakan convert template Siswa Akhir yg semua berupa file excel menjadi format CSV (Comma Separated Values).
Untuk menyimpan ulang (convert) ke CSV (Comma Separated Values), caranya adalah:
- Klik "Office Button" (jika menggunakan excel 2007) ataupun menu "File" (jika menggunakan excel 2010 bersama setelahnya)
- Klik "Save As"
- Pada bagian "Save as type" klik panah ke bawah hingga meriang pegari banyak pilihan format
- Pilih "CSV (Comma delimited) (*.csv)"
- Klik "Save"
8. Upload Template Siswa
Setelah file Template Siswa Akhir tersimpan dalam format .csv, sekarang saatnya mengunggah (upload) template tersebut. Cara untuk mengunggah template siswa akhir dalam Emis Manajemen UN adalah sebagai berikut:
- Klik menu "Upload"
- Klik submenu "Siswa"
- Klik tombol "Choose File"
- Terbuka jendela untuk mencari file CSV Template Siswa
- Setelah ketemu, klik "Open"
- Kolom di samping "Choose File" mau terisi nama file CSV Template Siswa Akhir
- Klik tombol "Unggah"
- Muncul preview
- Jika tidak ada yg berwarna merah, klik "Lanjut"
- Selesai.
9. Unduh File EZ
Setelah berhasil mengunggah file template siswa akhir, berarti pengerjaan Emis Manajemen UN sudah rampung. Operator tinggal mengunduh hasilnya berupa file EZ. File EZ inilah yg nantinya mau diunggah ke aplikasi BioUN untuk mendaftarkan sebagai peserta ujian nasional.
Cara mengunduh file EZ adalah sebagai berikut:
- Buka halaman beranda Emis Manajemen UN dengan cara mengklik logo "Emis Pendis"
- Muncul kotak "BIO UN FILE"
- Download file EZ
Tuntaslah sudah 9 langkah meriang lun-tur dalam mengerjakan Emis Manajemen Ujian Nasional. Meski tahap ini mau segera disusul dengan pekerjaan lainya yakni BIOUN.
Demikianlah 9 langkah cara mengerjakan Emis Manajemen UN yg disajikan dengan singkat bersama jelas. Semoga artikel ini bermanfaat bagi rekan-rekan operator madrasah.
Demikianlah 9 langkah cara mengerjakan Emis Manajemen UN yg disajikan dengan singkat bersama jelas. Semoga artikel ini bermanfaat bagi rekan-rekan operator madrasah.
No comments:
Post a Comment