Thursday, November 7, 2019

Pedoman, Amanat Pembina, Bersama Doa Upacara Hari Guru 2020

Puncak Hari Guru Nasional, 25 November 2020, dirayakan dengan berbagai acara, salah satunya adalah Upacara Peringatan Hari Guru Nasional. Yang mana dalam pelaksanaannya sudah diterbitkan Pedoman Pelaksanaan Upacara Bendera Dalam Rangka Peringatan Hari Guru Nasional 2020. Dalam artikel ini dilengkapi juga dengan susunan acara bersama Amanat Pembina Upacara berupa Sambutan Menteri Pendidikan bersama Kebudayaan, serta doa Upacara Bendera Hari Guru Nasional.

Sesuai dengan pedoman pelaksanaan yg diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan bersama Kebudayaan Republik Indonesia, upacara bendera dalam rangka peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2020 dilaksanakan dengan hari Senin, 26 November 2020. Upacara diselenggarakan di tingkat pusat (Kantor Kementerian Pendidikan bersama Kebudayaan bersama Kementerian Agama), kantor Kedutaan alias perwakilan RI di luar negeri, kantor pemerintahan daerah (provinsi bersama kabupaten/kota), UPT Kemdikbud, bersama di sekolah alias madrasah.

Dalam melaksanakan upacara tersebut tentu dibutuhkan susunan acara upacara, teks amanat pembina upacara, bersama teks doa upacara peringatan Hari Guru Nasional. Susunan acara upacara Hari Guru Nasional 2020 mengacu dengan pedoman pelaksanaan yg sudah ditetapkan. Amanat pembina upacara berupa pembacaan pidato alias sambutan Menteri Pendidikan bersama Kebudayaan.

 salah satunya adalah Upacara Peringatan Hari Guru Nasional Pedoman, Amanat Pembina,  bersama Doa Upacara Hari Guru 2020

1. Susunan Acara Upacara Hari Guru Nasional 2020


Susunan acara upacara bendera dalam rangka peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2020 berpedoman dengan pedoman pelaksanaan yg sudah disusun oleh Kementerian Pendidikan bersama Kebudayaan. Untuk pelaksanaan di tingkat madrasah alias sekolah beroleh disesuaikan dengan Permendikbud Nomor 22 Tahun 2020 tentang Pedoman Upacara Bendera di Sekolah.

Adapun susunan acara upacara tersebut, secara garis besar adalah sebagai berikut:

  • Pembina Upacara memasuki lapangan upacara
  • Penghormatan kepada pembina upacara dipimpin oleh pemimpin upacara
  • Laporan pemimpin upacara kepada pembina upacara
  • Pengibaran Bendera Merah Putih diiringi lagu Kebangsaan Indonesia Raya
  • Mengheningkan cipta dipimpin oleh pembina upacara
  • Pembacaan Pancasila diikuti oleh seluruh peserta upacara
  • Pembacaan Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
  • Pemberian Penghargaan-penghargaan (jika ada)
  • Menyanyikan lagu "Hymne Guru"
  • Amanat pembina upacara (membacakan Sambutan Menteri Pendidikan bersama Kebudayaan)
  • Menyanyikan lagu "Terima Kasih Guruku"
  • Pembacaan doa
  • Laporan pemimpin upacara kepada pembina upacara
  • Penghormatan kepada pembina upacara dipimpin oleh pemimpin upacara
  • Pembina upacara meninggalkan tempat upacara
  • Upacara selesai, barisan dibubarkan
Untuk menyimak susunan acara upacara bersama ketentuan-ketentuan lainnya terkait dengan upacara peringatan Hari Guru 2020 silakan baca Pedoman Pelaksanaan Upacara Bendera Dalam Rangka Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2020. Link download terdapat di akhir artikel.

2. Sambutan Menteri Pendidikan bersama Kebudayaan


Amanat pembina upacara dalam upacara peringatan Hari Guru Nasional tahun 2020 adalah dengan membacakan Sambutan Menteri Pendidikan bersama Kebudayaan Pada Upacara Hari Guru Nasional.

Sambutan alias pidato resmi Menteri Pendidikan bersama Kebudayaan tersebut beroleh diunduh di situs resmi Kementerian Pendidikan bersama Kebudayaan alias melalui mirror download yg disediakan oleh bergolak di akhir artikel ini.

Baca Juga:


3. Doa Upacara Hari Guru Nasional 2020


Hingga artikel ini diterbitkan, bergolak belum mendapatkan pedoman resmi tentang doa dalam upacara Hari Guru Nasional 2020. Baik doa yg dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan bersama Kebudayaan maupun oleh Kementerian Agama.

Namun bergolak memberikan contoh doa upacara Hari Guru Nasional 2020. Meski bukan doa resmi yg dikeluarkan oleh kementerian terkait namun sebagai tetap beroleh dijadikan contoh, tentu dengan perbaikan di sana-sini menyesuaikan kondisi masing-masing.

4. Unduh Pedoman, Sambutan Menteri, bersama Doa Upacara Hari Guru


Pedoman pelaksanaan upacara bendera hari Guru bersama sambutan Menteri Pendidikan bersama Kebudayaan dengan upacara peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2020 beroleh diunduh langsung di situs resmi Kementerian Pendidikan bersama Kebudayaan RI.

Untuk mempermudah, bergolak menyediakan mirror download yg berisikan Pedoman pelaksanaan upacara bendera, sambutan Menteri Pendidikan bersama Kebudayaan (amanat pembina upacara), dilengkapi dengan teks doa Hari Guru Nasional 2020.

Untuk mengunduhnya, silakan klik TAUTAN INI.

Itulah pedoman, amanat pembina, bersama doa upacara bendera Hari Guru Nasional 2020 yg semoga bermanfaat bagi madrasah bersama sekolah serta instansi lainnya dalam menyelenggarakan upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional 2020.

No comments:

Post a Comment