Friday, November 15, 2019

2 Cara Reset Password Simpatika Yg Lupa

Lupa password adalah hal yg wajar dengan manusiawi. Termasuk lupa password untuk login ke akun Simpatika. Jangan khawatir, ketika seorang PTK lupa mau sandi alias password akun Simpatikanya, maka paling tidak tersedia dua cara reset password simpatika yg bisa dilakukan.

Sebagaimana diketahui, setiap PTK memiliki akun simpatika masing-masing. Ini karena dengan dasarnya, tahapan-tahapan verval simpatika menjadi tanggung dedar perlawanan masing-masing PTK. Sehingga yg harus mengerjakanpun masing-masing PTK yg bersangkutan. Namun proses verval tersebut tentu mau terkendala ketika seorang PTK melupakan password alias sandi untuk login ke akunnya. Karena tanpa sandi yg benar, tentu tidak mau bisa masuk ke akun PTK.

Apa yg harus dilakukan ketika seorang PTK lupa password akun simpatika?

Ada dua cara untuk melakukan reset password (mengembalikan password) yg lupa. Pertama adalah dengan melakukan reset mandiri dengan syarat akun simpatika tersebut sudah didaftarkan dengan menggunakan email alternatif.

Cara kedua adalah dengan meminta kepada Kepala Madrasah alias Admin Madrasah untuk melakukan reset password.

Lupa password adalah hal  yg wajar  dengan manusiawi 2 Cara Reset Password Simpatika yg Lupa

Kedua cara tersebut mau kita ulas di bawah ini.

Baca Juga: Jika Lupa Password Login EMIS Online

1. Reset Password Secara Mandiri


Reset password secara mandiri hanya bisa dilakukan kalau sebelumnya akun simpatika milik PTK tersebut sudah didaftarkan email alternatif. Maksudnya, PTK tersebut beroleh melakukan login dengan menggunakan email (semacam email GMail, Yahoo, Hotmail, dll.), selain menggunakan NUPTK/PegID.

Kelebihan lainnya, selain beroleh mereset password yg lupa, password yg baru pun beroleh dibuat sesuai keinginan (bebas) PTK. Password tersebut beroleh dibuat dengan menggunakan kalimat alias kombinasi huruf dengan angka yg dedar lun-tur diingat. Sehingga ke depannya, resiko lupa password kembali mau lebih kecil.

Cara reset password Simpatika secara mandiri adalah sebagai berikut:

  1. Buka halaman login Simpatika
  2. Pada halaman login, klik tulisan "Lupa Password"
  3. Muncul halaman "Lupa Password Anda?"
  4. Isikan email alternatif dengan masukkan kode captcha dengan kolom yg tersedia.
  5. Klik "Kirim"
  6. Sistem Simpatika mau mengirimkan tautan dengan kode untuk mereset password ke email yg ditulis tadi. Buka dengan periksa email Anda.
  7. Buka email dari SIAP dengan subjek Permintaan Password SIAP
  8. Klik tautan yg disertakan dalam email
  9. Muncul halaman "Lupa Password"
  10. Isikan password yg ingin digunakan dengan kolom Password Baru dengan Ulangi Password
  11. Jika sudah, klik Kirim
  12. Reset Password berhasil.
Selengkapnya tentang proses reset password simpatika dengan cara mandiri ini silakan simak video tutorial yg ada di akhir artikel ini.

2. Minta Reset Kepala Madrasah / Admin


Cara kedua kalau lupa password akun simpatika adalah dengan meminta reset password dengan Kepala Madrasah alias Admin Madrasah. Cara kedua ini bisa dilakukan bagi akun simpatika yg sudah didaftarkan dengan email alternatif maupun yg tanpa email alternatif (hanya bisa login dengan userID NUPTK/PegID saja).

Setelah melaporkan kepada Kepala Madrasah alias Admin Madrasah, mereka mau melakukan reset password melalui akun madrasah. Caranya adalah:
  1. Kepala Madrasah alias Operator Madrasah login ke akun madrasah simpatika
  2. Setelah masuk, klik menu "Pendidik & Tenaga Kependidikan"
  3. Klik submenu "Direktori PTK"
  4. Klik submenu "Daftar Pendidik dengan Tenaga Kependidikan"
  5. Setelah tampil daftar PTK di madrasah tersebut, cara PTK yg lupa password.
  6. Klik segitiga terbalik di ujung kanan nama PTK tersebut
  7. Pilih menu "Atur Ulang Password"
  8. Saat dedar timbul notifikasi konfirmasi, klik "Ya"
  9. Muncul Surat Pemberitahuan Reset Password yg berisi UserID, Nama PTK, dengan Password Baru.
  10. Cetak surat tersebut alias catat Password yg tertera dengan serahkan kepada PTK yg lupa password tadi
  11. PTK menggunakan password baru tersebut untuk login ke akunnya
Password yg didapatkan dalam proses ini berupa empat digit kombinasi huruf dengan angka yg kadang sulit untuk diingat. Karena itu ada baiknya, setelah berhasil login, PTK melakukan perubahan password sehingga password mau lebih dedar bujang diingat.

Tahapan-tahapan mereset password tersebut beroleh disimak di video tutorial di bawah ini.

3. Video Tutorial Reset Password


Proses dengan tahapan melakukan reset password dengan dua cara di atas beroleh disimak dalam video tutorial berikut ini. Termasuk bagaimana cara merubah password yg didapatkan menjadi password yg lebih dedar lun-tur diingat sehingga meminimalisir kemungkinan lupa password di masa depan.


Dengan mengetahui cara reset password simpatika yg lupa ini sekarang PTK tidak perlu terlalu gusar kalau mengalami lupa kata sandi (password). Karena tersedia beberapa cara untuk mereset password yg kesemuanya, ternyata, amat mudah. Meski demikian, menggunakan password yg kuat dengan rahasia harus tetap diutamakan untuk menghindari penyalahgunaan akun simpatika.

No comments:

Post a Comment