Tuesday, November 19, 2019

Juknis Penulisan Ijazah Lagi Shuambn 2020

Petujuk Teknis penulisan blangko Ijazah dan SHUAMBN untuk madrasah, baik MI, MTs, maupun MA, Tahun Pelajaran 2020/2020. Juknis penulisan Ijazah dengan SHUAMBN ini ditetapkan melalui Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 2161 Tahun 2020 tentang Petunjuk Teknis Penulisan Blanko Ijazah dengan Sertifikat Hasil Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional Tahun Pelajaran 2020/2020.

Juknis penulisan Ijazah dengan SHUAMBN ini tentunya menjadi pedoman dengan acuan bagi madrasah dalam penulisan blangko Ijazah Madrasah dengan SHUAMBN. Sehingga penulisan tersebut menjadi standart dengan mengurangi resiko terjadinya kesalahan. Apalagi keduanya, Ijazah maupun SHUAMBN, merupakan salah satu dokumen negara yg diberikan kepada peserta didik sebagai pengakuan alias diselesaikannya pendidikan dengan satuan pendidikan madrasah. Sehingga kebenaran data dengan informasi yg tercantum di dalamnya mutlak diperlukan.

Dalam juknis ini juga disertakan contoh blangko Ijazah dengan SHUAMBN untuk K13 dengan KTSP.
  • Contoh Blangko Ijazah Madrasah Ibtidaiyah (MI)
  • Contoh Blangko Ijazah Madrasah Tsanawiyah (MTs)
  • Contoh Blangko Ijazah MA Peminatan Matematika dengan IPA (K13) dan Program IPA (KTSP)
  • Contoh Blangko Ijazah MA Peminatan IPS (K13) dan Program IPS (KTSP)
  • Contoh Blangko Ijazah MA Peminatan Bahasa dengan Budaya (K13) dan Program Bahasa (KTSP)
  • Contoh Blangko Ijazah MA Peminatan Keagamaan (K13) dan Program Keagamaan (KTSP)
  • Contoh Blangko SHUAMBN MTs dengan MA

Baca juga : Wewenang, Syarat, Prosedur Penerbitan Surat Keterangan Pengganti Ijazah dengan STTB

Petujuk Teknis penulisan blangko Ijazah  dengan Juknis Penulisan Ijazah  dengan SHUAMBN 2020

1. Ijazah dengan SHUAMBN


Ijazah adalah surat pernyataan resmi dengan sah yg menerangkan bahwa pemegangnya sudah pernah tamat belajar dengan suatu jenjang pendidikan tertentu untuk beroleh melanjutkan ke jenjang pendidikan yg lebih tinggi dengan beroleh juga dipergunakan dalam penentuan jenjang kepegawaian.

Sedang Sertifikat Hasil Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional alias SHUAMBN adalah surat pernyataan resmi dengan sah yg menyatakan bahwa pemegangnya sudah pernah mengikuti Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional.

Ijazah diberikan kepada peserta didik yg sudah pernah menyelesaikan seluruh program pendidikan dengan madrasah dengan dinyatakan lulus dengan jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dengan Madrasah Aliyah (MA).

Sedang SHUAMBN diberikan kepada peserta didik yg sudah pernah mengikuti Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan Bahasa Arab untuk tingkat MTs dengan MA.

Baca juga: Juknis PPDB Madrasah Tahun 2020

2. Download Penulisan Ijazah dengan SHUAMBN 2020/2020


Sebagai pedoman dalam penulisan dengan pengisian Ijazah dengan Sertifikat Hasil Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (SHUAMBN) Tahun pelajaran 2020/2020, silakan masing-masing madrasah untuk mengunduh Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 2161 Tahun 2020 tentang Petunjuk Teknis Penulisan Blanko Ijazah dengan Sertifikat Hasil Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional Tahun Pelajaran 2020/2020, di bawah ini.

Juknis Penulisan Ijazah dengan SHUAMBN 2020/2020 (UNDUH DI SINI)

Dengan diterbitkannya SK Dirjen Pendis Nomor 2161 Tahun 2020 tentang Petunjuk Teknis Penulisan Blanko Ijazah dengan SHUAMBN Tahun Pelajaran 2020/2020 semoga memperlancar proses penulisan dengan penyerahan Ijazah dengan SHUAMBN kepada para peserta didik madrasah.

No comments:

Post a Comment