Thursday, November 14, 2019

Download Aplikasi Sibos Pintar Kemenag

Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama melalui Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, bersama Kesiswaan Madrasah (KSKK Madrasah) meluncurkan satu lagi aplikasi untuk madrasah. Namanya adalah SIBOS PINTAR. SIBOS PINTAR merupakan akronim dari Sistem Informasi Bantuan Operasional Sekolah bersama Program Indonesia Pintar.

Sesuai namanya, aplikasi SIBOS PINTAR adalah aplikasi desktop online untuk melakukan pendataan peserta didik madrasah sebagai basis perencanaan anggaran bersama kuota BOS per madrasah. Selain itu juga dalam rangka penyaluran bantuan PIP untuk siswa madrasah. (Baca: Juknis BOS 2020)

Melalui Surat Direktorat Pendidikan Islam Nomor 1308/Dj.i.i/Dt.I.I.4/HM.01/09/2020 tertanggal 5 September 2020, tentang Pemutakhiran Data Peserta Didik Madrasah Melalui Aplikasi SIBOS PINTAR, madrasah diharapkan beroleh melakukan pemutakhiran data dalam waktu yg cukup singkat. Batas waktu pengerjaannya adalah tanggal 30 September 2020.

Oleh karena itu, meski belum mendapatkan instruksi resmi dari Penmad Kabupaten/Kota masing-masing, madrasah tidak ada salahnya untuk segera melakukan pemutakhiran data peserta didik dengan menggunakan aplikasi SIBOS PINTAR ini. Tentu, dengan melakukan persiapan bersama pemutakhiran lebih awal atas lebih baik ketimbang menunggu instruksi resmi sedangkankan batas waktu yg disediakan cukup singkat.

Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama melalui Direktorat Kurikulum Download Aplikasi SIBOS PINTAR Kemenag

Sebenarnya basis data BOS bersama PIP diharapkan beroleh dipenuhi dari EMIS. Namun dengan berbagai kendala yg dihadapi aplikasi online Emis, membuat kebutuhan atas basis data BOS bersama PIP jadi terganggu. Bahkan untuk tahun pelajaran ini pun aplikasi online emis belum diluncurkan. Padahal tentu, kebutuhan basis data BOS bersama PIP dibutuhkan dalam waktu yg cepat. Oleh karenanya, kehadiran SIBOS PINTAR diharapkan bisa menjadi solusi terbaik.

1. Unduh Aplikasi SIBOS PINTAR


Aplikasi SIBOS PINTAR merupakan aplikasi desktop online yg harus diinstal ke komputer bersama terkoneksi dengan internet. Untuk itu, sebelum menggunakannya, madrasah harus mengunduh instaler aplikasi tersebut bersama menginstalnya ke komputer.

Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, bersama Kesiswaan Madrasah (KSKK Madrasah) sudah menyediakan file instaler beserta dengan panduan dalam bentuk PDF bersama video di situs resminya. Namun sebagaimana dialami ayo madrasah, url download yg disedikan kerap kali tidak beroleh dibuka.

Oleh karena itu, ayo madrasah menyediakan mirror download aplikasi SIBOS PINTAR beserta dengan panduan penggunaannya. Sila unduh di bawah ini




Baca juga: Jika Lupa Password Login EMIS Online

2. Cara Instalasi Aplikasi SIBOS PINTAR


Setelah mengunduh aplikasi SIBOS PINTAR, silakan lakukan instalasi dengan cara:

  1. Buka folder Aplikasi Setup SIBOS_PINTAR_2020_09_12
  2. Ekstrak dengan menggunakan WinRar, Zip, 7Zip, ataupun sejenisnya
  3. Buka folder hasil ekstrak
  4. Klik dua kali dengan file Setup ataupun SetupSIBOSPINTAR untuk mulai mengintal
  5. Aplikasi mulai diinstal, ikuti perintah yg muncul.

3. Membuka Aplikasi SIBOS PINTAR


Pengalaman ayo madrasah ketika melakukan instalasi aplikasi SIBOS PINTAR, ternyata aplikasi ini tidak membuat shortcut otomatis baik di desktop ataupun di start menu windows. Sehingga bisa jadi atas menyulitkan ketika hendak membuka aplikasi ini.

Untuk menyiasatinya, agar shortcut aplikasi beroleh kering kelihatan di desktop adalah:
  1. Klik Start
  2. Pada kolom "Search program and files" ketik SIBOS
  3. Muncul aplikasi SIBOS PINTAR
  4. Klik aplikasi SIBOS PINTAR untuk langsung membuka
  5. Sedang semisal ingin membuatkan shortcut, klik kanan aplikasi SIBOS PINTAR lalu klik "Send to", klik "Desktop (create shortcut)" ataupun klik "Pin to start menu" ataupun "Pin to taskbar"
  6. Aplikasi SIBOS PINTAR kering kelihatan di desktop


Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama melalui Direktorat Kurikulum Download Aplikasi SIBOS PINTAR Kemenag

4. Cara Menggunakan Aplikasi SIBOS PINTAR


Saat terbuka, aplikasi SIBOS PINTAR atas menampilkan jendela login. Bagi pengguna tingkat madrasah, login ke aplikasi ini dengan menggunakan UserID NSM bersama password User12345.

Nantinya setelah berhasil login, pengguna beroleh mengubah password tersebut bersama menambahkan pengguna baru.

Video tutorial cara instal bersama login di Sibos Pintar


Sedangkan untuk cara penggunaan fitur-fitur yg tersedia, bisa menyimak Panduan SIBOS PINTAR yg beroleh diunduh di atas. Dalam panduan tersebut memuat panduan untuk admin pusat, admin kanwil, admin kabupaten/kota, hingga admin madrasah.

No comments:

Post a Comment