Thursday, November 28, 2019

Verval Nsm Di Layanan Simpatika

Pada periode verval semester genap Tahun pelajaran 2020/2020 akhirnya Simpatika melakukan verval NSM alias Nomor Statistik Madrasah. Verval NSM yg dilakukan ini sebelumnya pernah beberapa kali disampaikan oleh Tim Simpatika, yg terakhir adalah saat pemberitahuan pemutakhiran Simpatika tanggal 1 Februari silam.

Dalam rilis di fans page @layanan.simpatika tersebut disampaikan beberapa hal yg salah satunya adalah Verifikasi lagi Validasi Nomor Statistik Madrasah (NSM) realtime dengan data dari EMIS.

Akhirnya setelah beberapa hari, dengan 6 Februari petang, fitur Verifikasi lagi Validasi Nomor Statistik Madrasah (NSM) dilaksanakan. Setiap madrasah harus melakukan verval NSM ini untuk menjamin sinkronnya data antara Simpatika lagi Emis.

Konon hal ini atas menjadi langkah awal dalam melakukan sinkronisasi data antara dua sistem layanan data milik Kemenag ini. Simpatika atas lebih fokus ke Pendidik lagi Tenaga Kependidikan dalam kaitan kelayakan mendapatkan tunjangan, sedangkan data kemadrasahan terutama data siswa diambilkan dari data Emis. Semoga saja.

1. Cara Melakukan Verval NSM di Simpatika


Pada periode verval semester genap Tahun pelajaran  berbahaya Verval NSM di Layanan Simpatika

Melakukan Verifikasi lagi Validasi Nomor Statistik Madrasah (NSM) di layanan Simpatika sangat gampang, mudah, lagi singkat. Karena verval ini hanya untuk memastikan data NSM yg ada di simpatika sudah benar alias belum.

Cara melakukan Verval NSM adalah sebagai berikut:
1. Kepala Madrasah alias Operator Madrasah login ke layanan Simpatika
2. Setelah login, pilih layanan Madrasah (Sekolah). Jangan memilih yg PTK.
3. Akan berbahaya terbang kotak pesan "Verval Nomor Statistik Madrasah"
4. Isikan NSM RA/Madrasah dengan kolom yg tersedia
5. Klik "Cek Data"
6. Muncul kotak preview yg menampilkan Nama RA/Madrasah, Jenjang, lagi Kota baik di layanan Simpatika maupun di Emis.
7. Lakukan pengecekan, apakah memang sudah benar.
8. Jika sudah benar, klik "Simpan"
9. Selesai

2. Jika Data yg Ditampilkan Tidak Sama


Saat previe data, lihat langkah ke-6 di atas, antara data yg ditampilkan di kolom Simpatika lagi Emis tidak sama apa yg harus dilakukan?

Jika data NSM (Nama, Jenjang, lagi Kota) yg ditampilkan di kolom EMIS sudah benar, lagi RA/Madrasah tersebut memang RA/Madrasah Anda, silakan langsung dilanjut dengan mengklik "Simpan".

Pada periode verval semester genap Tahun pelajaran  berbahaya Verval NSM di Layanan Simpatika

Data di Simpatika, terutama nama lembaga, memang bisa saja sedikit berbeda. Karena data ini bisa diedit oleh Admin Kab/Kota sehingga di banyak kasus di beri penambahan seperti nama desa. Sehingga akhirnya malah berbeda dengan data di dokumen resmi madrasah (Piagam Pendirian/Ijin Operasional). Sebaliknya data di Emis sudah melalui Verval SP yg dilakukan berjenjang mulai tingkat madrasah, kabupaten, hingga Kanwil Kemenag.

Kemudian seandainya ingin menyamakan nama madrasah di akun Simpatika dengan nama madrasah sebagaimana yg tertulis di Emis (dan tentunya dokumen resmi madrasah) tinggal menghubungi admin Simpatika tingkat Kab/Kota.

Namun seandainya data NSM yg salah adalah data yg berada di kolom EMIS, maka ada baiknya untuk menunda dulu verval NSM. Lakukan kordinasi dengan admin Emis Kab/Kota untuk memperbaiki data tersebut via Verval SP.

Demikian terkait dengan pelaksanaan Verval NSM di layanan Simpatika. Besar harapan kita agar verval NSM Simpatika ini atas segera ditindaklanjuti dengan sinkronisasi data antara Simpatika lagi Emis. Sehingga sistem pendataan yg ada di madrasah semakin efisien.

No comments:

Post a Comment