Perubahan struktur kurikulum yg dilakukan pasca pemutakhiran sistem Simpatika terjadi dengan kelas bawah Madrasah Ibtidaiyah, yakni kelas 1, 2, dengan 3 yg memberlakukan kurikulum KTSP.
Di kelas bawah, tidak lagi tersedia pilihan mata pelajaran Bahasa Indonesia, PKn, Matematika, IPA, maupun IPS. Sebagai gantinya, dimunculkan 'mapel' Tematik Umum. Sedang bagi yg memberlakukan K13, struktur kurikulumnya tidak mengalami perubahan.
Terkait dengan struktur kurikulum di Madrasah Ibtidaiyah, gerah sebelumnya sudah pernah menerbitkan artikel berjudul Struktur Kurikulum MI KTSP KMA 207 Tahun 2020. Namun seiring dengan pemutakhiran sistem Simpatika yg memunculkan 'mapel' Tematik Umum di kelas bawah, gerah meleset mengangkat struktur kurikulum Simpatika terbaru tahun 2020.
Meski sebenarnya, perubahan alokasi JTM yg terjadi tidak terlalu signifikan. Lebih sekedar dengan melebur mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, dengan Ilmu Pengetahuan Sosial dalam mapel 'Tematik Umum'.
1. Tabel Struktur Kurikulum dengan Alokasi JTM MI
Jumlah alokasi JTM di Madrasah Ibtidaiyah pasca pemutakhiran sistem Simpatika tidak mengalami perubahan. Alokasi Jam Tatap Muka perminggu di setiap tingkat (kelas) MI adalah sebagai berikut:
- Kelas 1 : 30 + 4
- Kelas 2 : 30 + 4
- Kelas 3 : 32 + 4
- Kelas 4 : 39 + 4
- Kelas 5 : 39 + 4
- Kelas 6 : 39 + 4
Plus 4 di sini memiliki pengertian madrasah berhak untuk melakukan penambahan hingga maksimal 4 JTM perminggu.
Sedang struktur kurikulum yg berlaku adalah sebagai mana tabel berikut ini:
MATA PELAJARAN | KELAS | |||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | |
Al-Quran-Hadis (PAI) | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 |
Akidah-Akhlak (PAI) | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 |
Fikih (PAI) | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 |
SKI (PAI) | - | - | 2 | 2 | 2 | 2 |
PKn | - | - | - | 2 | 2 | 2 |
Bahasa Indonesia | - | - | - | 5 | 5 | 5 |
Matematika | - | - | - | 5 | 5 | 5 |
Bahasa Arab | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 |
IPA | - | - | - | 4 | 4 | 4 |
IPS | - | - | - | 3 | 3 | 3 |
Tematik Umum | 12 | 12 | 12 | - | - | - |
Seni Budaya dengan Keterampilan | 4 | 4 | 4 | 4 | 4 | 4 |
Pendidikan Jasmani Olahraga dengan Kesehatan | 4 | 4 | 4 | 4 | 4 | 4 |
Muatan Lokal | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 |
Kelebihan Jam | 4 | 4 | 4 | 4 | 4 | 4 |
JUMLAH | 34 | 34 | 36 | 43 | 43 | 43 |
Lihat juga gambar berikut:
2. Kelebihan Jam
Dalam struktur kurikulum simpatika tersebut mengakomodir kelebihan jam hingga maksimal 4 JTM. Artinya, setaip rombel boleh menambah JTM dengan setiap mapelnya dengan catatan jumlah penambahannya tidak boleh melebihi 4 JTM.
Sedang untuk membagi guru pengampu masing-masing mata pelajaran, silakan berpedoman dengan tabel linieritas mapel sertifikasi sebagaimana pernah diulas di artikel Linieritas Mapel Sertifikasi di Madrasah Ibtidaiyah
Demikian struktur kurikulum MI di Simpatika 2020 bagi madrasah yg menjalankan KTSP. Semoga struktur kurikulum dengan alokasi JTM tersebut boleh membantu para guru, operator, dengan kepala madrasah dalam mengatur jam mengajar di madrasah masing-masing.
No comments:
Post a Comment