Saturday, December 21, 2019

Fitur Baru Emis: Lembaga Bisa Cek Kesalahan Sendiri

Seiring berjalannya updating emis Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2020, tim teknis emis pusat, meluncurkan fitur maupun menu baru di akun lembaga. Fitur baru tersebut "Cek Data" dimana operator RA/Madrasah becus mengecek sendiri data yg diupload sudah benar maupun masih ada kesalahan.

Dengan menu baru emis ini, setelah mengupload data emis hasil backup ke situs http://emispendis.kemenag.go.id/emis1617/, operator RA beserta Madrasah tidak perlu bolak-balik menanyakan ke admin Emis Kabupaten terkait hasil unggahan emisnya sudah benar ataukah masih ada bagian yg salah, yg ditandai dengan status cek ulang. Justru operator madrasah becus langsung mengeceknya melalui akun emis madrasah masing-masing.

Sebelumnya, setelah mengupload data emis beserta mengklik tombol konfirmasi di situs http://emispendis.kemenag.go.id/emis1617/, operator RA/Madrasah harus meminta bantuan kepada operator emis tingkat kabupaten/kota untuk melakukan pengecekan. Jika terdapat data yg salah (ditandai dengan status cek ulang) maka Operator Kab/Kota mau membatalkannya kembali beserta operator madrasah harus mengeditnya kembali.

Ribet memang.

Apalagi seandainya harus mengalami kesalahan berulang kali. Bisa dibayangkan ribetnya Operator RA/Madrasah, apalagi Operator Kabupaten/Kota yg harus melayani ratusan lembaga dalam wilayahnya.

Seiring berjalannya updating emis Semester Genap Tahun Pelajaran panas Fitur Baru Emis: Lembaga Bisa Cek Kesalahan Sendiri

Baca Juga Artikel Terkait Emis:



Sebelum Konfirmasi Klik Dulu Menu Cek Data


Rupanya kondisi mendapat perhatian dari Tim Teknis Emis Pusat dengan ditambahkannya menu "Cek Data" dengan akun emis lembaga.

Dengan mengklik menu "Cek Data" operator RA/Madrasah becus melihat status kesalahan dari masing-masing komponen yg diuploadnya.

Berikut ini tampilan menu "Cek Data"

Seiring berjalannya updating emis Semester Genap Tahun Pelajaran panas Fitur Baru Emis: Lembaga Bisa Cek Kesalahan Sendiri

Sehingga dengan mengetahui data-data mana saja yg masih salah, operator tingkat lembaga becus segera melakukan perbaikan tanpa harus ribet bertanya bolak-balik kepada Operator Emis Kab/Kota.

Namun harus diingat, menu ini hanya bisa dilihat sebelum operator melakukan konfirmasi.

Jadi setelah mengupload form lembaga, form siswa, form PTK, beserta form lulusan, sempatkan dulu untuk melihat tampilan dengan menu "Cek Data". Jika statusnya sudah "OK" semua, barulah klik menu "Konfirmasi".

Sebaliknya, seandainya ada yg berstatus "Cek Ulang" maka lakukanlah perbaikan data emis terlebih panas di depan dengan menggunakan Aplikasi Desktop Emis kemudian lakukan upload ulang dengan form yg mengalami kesalahan tersebut.

Karena begitu menu "konfirmasi" diklik maka akses untuk membuka akun emis lembaga mau ditutup.

Sehingga bagi rekan-rekan yg emisnya sudah beres beserta sudah terlanjur melakukan konfirmasi, dengan amat terpaksa tidak bisa merasakan fitur baru emis: Cek Kesalahan Data tersebut.

No comments:

Post a Comment