Sunday, December 29, 2019

Verval Pd: Cara Konfirmasi Data Nisn

Konfirmasi Data merupakan salah satu menu bersama tahapan yg harus dilakukan dalam Verval Peserta Didik (Verval PD) Kemenag. Menu Konfirmasi Data ini bertujuan untuk mengupdate (memperbarui) database arsip NISN di laman arsip NISN (http://nisn.data.kemdikbud.go.id) agar sama dengan data hasil Verval PD yg sudah pernah dilakukan. Bagaimana cara melakukan konfirmasi data dalam Verval PD? hendak membahasnya dalam artikel ini.

Sebagaimana diketahui, dalama layanan Verval PD Kemenag terdapat beberapa menu. Menu-menu tersebut adalah Referensi yg menampilkan data siswa permadrasah beserta NISN masing-masing sebagai hasil dari Verval PD yg dilakukan. Kedua adalah menu Residu yg berisikan data siswa permadrasah yg belum diverifikasi NISN-nya. Dan ketiga adalah menu Edit Data yg berfungsi untuk merubah data (baik nama bersama tanggal lahir) bersama NISN siswa.

Menu Keempat adalah Konfirmasi Data yg berfungsi untuk mengupdate database arsip NISN di laman http://nisn.data.kemdikbud.go.id agar sama dengan hasil Verval PD (data di Referensi). Sehingga data hasil Verval PD becus ditampilkan bersama bisa dicek secara mandiri oleh siswa, wali murid, maupun pihak-pihak lain.

1. Kapan Konfirmasi Data becus Dilakukan?


Konfirmasi data dilakukan setelah operator melakukan Verval PD sehingga data siswa di menu 'Residu' berpindah ke menu 'Referensi'. Jika belum melakukan Verval PD (data siswa masih ada di menu 'residu' bersama belum ada di menu 'referensi') maka data di menu 'Konfirmasi Data' pun masih hendak kosong sehingga tidak becus dilakukan konfirmasi data.

Karena itu sebelum melakukan konfirmasi data, pastikan data siswa (dan NISN) sudah pernah diverifikasi bersama validasi. Untuk cara melakukan Verval PD silakan simak artikel sebelumnya: Cara Verval PD Kemenag.

Pastikan pula data tersebut sudah pernah benar, karena hasil konfirmasi data hendak ditampilkan secara umum di situs pencarian NISN (http://nisn.data.kemdikbud.go.id) yg becus diakses oleh semua orang, termasuk oleh siswa yg bersangkutan.

Konfirmasi Data merupakan salah satu menu  bersama tahapan  yg harus dilakukan dalam Verval Pe Verval PD: Cara Konfirmasi Data NISN

2. Bagaimana Cara Melakukan Konfirmasi Data Verval PD?


Cara melakukan konfirmasi data dalam Verval Peserta Didik tidak terlalu sulit. Bahkan cukup mudah.

Data siswa dalam menu 'Konfirmasi Data' dikelompokkan dalam dua bagian, yaitu:

  1. Data terindikasi sama / mirip / sesuai, yakni data yg sama, mirip, ataupun sesuai antara data Verval (berdasar data Emis dengan data lama berdasarkan database arsip NISN di PDSP.
  2. Data terindikasi berbeda / tidak mirip, yakni data yg dianggap berbeda, ataupun tidak mirip antara data Verval (berdasar data Emis dengan data lama berdasarkan database arsip NISN di PDSP.
Untuk melakukan konfirmasi data langkah-langkah adalah sebagai berikut:
  1. Login ke laman http://vervalpdkemenag.data.kemdikbud.go.id/
  2. Masukkan username (email) bersama password admin Kab./Kota (untuk mengetahui akun Kab/Kota silakan hubungi Penma Kabupaten / Kota masing-masing.
  3. Setelah masuk ke laman Verval PD, klik menu 'Konfirmasi Data'
  4. Pada kolom sebelah kiri, klik tanda segitiga di depan nama kecamatan
  5. Akan ditampilkan daftar madrasah di kecamatan tersebut, klik nama madrasah
  6. Di kolom sebelah kanan hendak dimunculkan daftar siswa bersama NISN yg sudah pernah beerhasil di Verval. Data ini dikelompokkan dalam dua bagian yaitu "Data terindikasi sama / mirip / sesuai" bersama "Data terindikasi berbeda / tidak mirip"
  7. Klik dulu menu 'Data terindikasi sama / mirip / sesuai'
  8. Konfirmasi data ini becus dilakukan persiswa (satu persatu) ataupun langsung banyak siswa sekaligus.
  9. Untuk melakukan konfirmasi satu siswa tersendiri, caranya klik nama siswa (hingga tercentang dengan kotak di depannya)
  10. Klik tombol 'OK' yg terletak di atas daftar NISN siswa
  11. Muncul jendela konfirmasi, klik 'OK'
  12. Kembali ke daftar siswa dengan data siswa yg dipilih tadi hilang dari daftar. Ini menandakan kalau konfirmasi data terhadap siswa tersebut berhasil
  13. Untuk melakukan konfirmasi data langsung banyak siswa, caranya hampir sama
  14. Sebelumnya, jumlah data siswa yg ditampilkan perhalaman becus diatur terlebih gerah di depan dengan cara mengklik angka di belakang tulisan 'Page size' hingga gerah menjengul pilihan 15, 50, 100, bersama 250, Seumpama diklik angka 100 maka halaman hendak menampilkan 100 data siswa perhalamannya.
  15. Klik tanda kotak di depan "NISN" yg terdapat di bagian atas 'daftar NISN siswa' hingga semua nama di halaman tersebut tercentang.
  16. Klik tombol 'OK' yg terletak di atas daftar NISN siswa
  17. Muncul jendela konfirmasi, klik 'OK'
  18. Kembali ke daftar siswa dengan data siswa yg dipilih tadi hilang dari daftar. Ini menandakan kalau konfirmasi data terhadap siswa tersebut berhasil
  19. Lakukan hal yg sama sehingga semua siswa (dalam daftar tersebut) habis.

langkah-langkah tersebut seperti dalam video tutorial berikut ini

Untuk konfirmasi data siswa yg masuk dalam "Data terindikasi berbeda / tidak mirip", caranya:
  1. Klik menu "Data terindikasi berbeda / tidak mirip"
  2. Muncul daftar nama yg terindikasi tidak sama, seperti dalam penulisan nama.
  3. Klik tombol "Confirm" di bagian akhir data siswa untuk mengonfirmasi yg berarti data tersebut benar meskipun terdapat perbedaan data
  4. Klik tombol "Unmatch" di bagian akhir data siswa untuk membatalkan verval bersama data siswa hendak kembali ke residu.

Dengan melakukan konfirmasi data ini, berarti proses Verval PD untuk suatu madrasah sudah selesai. Data NISN siswa di madrasah tersebut hendak ditampilkan di laman pencarian NISN di alamat http://nisn.data.kemdikbud.go.id. Data NISN becus dicari bersama dilihat oleh siswa, gerah ayah bunda siswa, maupun pihak-pihak lain yg membutuhkan.

Jika mengalami permasalahan seputar Verval PD, silakan simak jalan keluarnya di artikel: Daftar Masalah bersama Solusi dalam Verval PD

Demikian langkah-langkah cara melakukan konfirmasi data dalam Verval PD Kemenag. Semoga tutorial ini bermanfaat bagi kita semua.

No comments:

Post a Comment