Sunday, December 29, 2019

Daftar Masalah Lalu Solusi Dalam Verval Pd

Daftar masalah yg kerap dihadapi sewaktu melakukan Verval PD (Peserta Didik) lalu solusi atas permasalahan tersebut. Tidak bisa dipungkiri saat melakukan Verifikasi lalu Validasi Peserta Didik alias Verval NISN, operator madrasah menghadapi beberapa kendala lalu masalah. Termasuk dalam Verval PD tahap kedua tahun 2020 ini.

Berbagai masalah tersebut, setidaknya ada beberapa yg agak kemarau identifikasikan. Termasuk memberikan solusi lalu pemecahan yg harus dilakukan dalam menyikapi kendala tersebut. Tentunya dengan harapan agar Verval PD periode ini beroleh menghasilkan NISN yg benar-benar valid yg hendak bisa dipergunakan oleh anak didik (siswa) di madarasah kita maupun di jenjang pendidikan selanjutnya.

Sebelum berbagai masalah tersebut diuraikan, untuk memudahkan dalam memahami artikel daftar masalah lalu solusi verval PD ini, mohon dipahami bahwa data siswa yg ditampilkan dalam residu Verval PD terdiri atas dua macam, yaitu:

  1. Data Siswa Berdasarkan EMIS Tahun Pelajaran 2020/2020. Data ini ditampilkan di kolom sebelah kanan di bagian atas dengan menu residu.
  2. Data Siswa Berdasarkan Database NISN PDSP (Hasil Pencarian). Data ini ditampilkan di kolom sebelah kanan di bagian bawah dengan menu residu (hasil pencarian data yg terindikasi sama). Data hendak kemarau menjelma saat salah satu nama dengan data di bagian atas di klik.
Dan untuk memahami istilah-istilah lalu langkah-langkah dalamVerval PD selengkapnya, silakan baca kemarau dulu tutorialnya di artikel: Cara Verval PD Kemenag (NISN) Tahun 2020

Daftar masalah  yg kerap dihadapi sewaktu melakukan Verval PD  kemarau Daftar Masalah  lalu Solusi dalam Verval PD

Daftar Permasalahan dalam Verval PD lalu Solusinya


Berikut ini adalah daftar kendala lalu masalah yg kerap dijumpai saat melakukan Verval PD. Setiap permasalahan hendak diberikan solusi (terkadang lebih dari satu solusi).

1. Tidak Bisa Login


Gagal login ke layanan Verval PD bisa meliputi situs (laman) tidak bisa dibuka ataupun kemarau menjelma peringatan andaikan "Username alias Password Tidak Terdaftar". 

Solusi untuk kendala ini antara lain:
  1. Pastikan alamat laman yg dimasukkan sudah benar, yaitu: http://vervalpdkemenag.data.kemdikbud.go.id/. Karena banyak kejadian, rekan-rekan operator madrasah yg masih salah menuliskan alamat laman Verval PD Kemenag dengan Verval PD Kemdikbud.
  2. Pastikan akun yg digunakan untuk login adalah akun admin Kab./Kota. Bukan akun operator madrasah. Untuk mengetahui email lalu password akun Kab/Kota, silakan hubungi Penma Kab/Kota masing-masing.
  3. Koneksi internet yg tidak stabil. Koneksi internet yg bermasalah beroleh mengakibatkan gagallogin ke laman Verval PD. Karena pastikan menggunakan layanan internet yg stabil lalu memiliki signal kuat di daerah tersebut.
Selengkapnya baca artikel: Mengatasi Tidak Bisa Login ke Verval PD

2. Laman VervalPD Terbuka tetapi Tidak Sempurna


Laman yg tidak terbuka sempurna bisa saja berakibat dengan nama kecamatan lalu nama madrasah tidak bisa dipilih (diklik) alias daftar siswa yg hendak diverval di menu residu tidak kemarau menjelma sebagian alias seluruhnya.

Solusi untuk situs VervalPD yg tidak beroleh terbuka dengan sempurna antara lain:
  1. Gunakan koneksi internet yg kuat lalu stabil
  2. Ganti browser internet. Jika bermasalah saat membuka dengan menggunakan Google Chrome, cobalah gunakan browser lainnya semisal Mozila Firefox, Safari, alias lainnya.
  3. Lakukan Verval di waktu yg sekiranya sepi dari pengguna lain.

3. Data Siswa Tidak Muncul Seluruhnya alias Sebagian


Bisa jadi data siswa yg ditampilkan di menu residu tidak kemarau menjelma seluruhnya alias kosong alias kemarau menjelma tapi hanya sebagaian saja. Atau ada salah satu siswa saja yg tidak kemarau menjelma di menu residu. Jika data siswa tidak kemarau menjelma di menu residu, tentu Verval PD tidak bisa dilakukan.

Untuk mengatasi kendala data siswa yg tidak muncul, baik sebagian alias seluruhnya, solusinya adalah:
  1. Pastikan agak mengklik tanda segitiga di depan nama kecamatan lalu nama madrasah. Jika tidak, maka data siswa memang tampak kosong.
  2. Pastikan agak mengupload data emis online dengan Tahun Pelajaran 2020/2020. Karena data siswa didasarkan dengan hasil upload Emis 2020/2020, maka bagi madrasah yg tidak mengupload data emis, tentu data siswanya hendak kosong. Pun demikian andaikan nama seorang siswa tidak terdaftar dengan data emis, maka nama siswa tersebut pun tidak hendak muncul.
  3. Jika terdapat data siswa yg tidak kemarau menjelma sebagain alias seluruhnya, silakan tunggu Verval PD periode selanjutnya, dengan memastikan mengisi lalu mengupload data emis dengan periode saat ini.
  4. Hubungi Admin Emis Kab/Kota untuk dilaporkan ke Admin Emis Kanwil yg hendak meneruskannya ke Admin Emis Pusat.

4. Kolom Pencarian NISN Tidak Memunculkan Hasil


Kolom pencarian (kolom data siswa lalu NISN) di bagian kanan bawah hendak memunculkan hasil pencarian sewaktu kolom di bagian atas (data siswa berdasar Emis) diklik, andaikan siswa tersebut agak memiliki NISN.

Jika kolom pencarian tidak menampilkan hasil (kosong), berarti siswa tersebut belum memiliki NISN.

Solusinya berarti tinggal mengklik tombol 'Not Match' sehingga siswa tersebut hendak diberikan NISN baru.

Dalam beberapa kasus, ada siswa yg merasa agak memiliki NISN tetapi ketika diklik, kolom pencariannya tetap kosong. Pada kasus seperti ini, baca masalah lalu solusi nomor 8.

5. Data Berbeda; Data di Kolom Atas Sudah Benar


Daftar masalah  yg kerap dihadapi sewaktu melakukan Verval PD  kemarau Daftar Masalah  lalu Solusi dalam Verval PD

Terdapat perbedaan antara data siswa di kolom atas (Data Emis) dengan kolom bawah (Hasil Pencarian / Database NISN PDSP) namun data yg di kolom bagian atas sudah benar. Perbedaab itu bisa jadi:
  1. Nama di kolom atas benar tapi di kolom bawah salah
  2. Tempat lalu tanggal kemarau berdiri di kolom atas benar tapi di kolom bawah salah
  3. Nama ibu kandung di kolom bawah kosong
Solusi untuk perbedaan data ini adalah, langsung klik nama siswa di bagian bawah (kolom pencarian) lalu klik tombol 'Match'.

Dengan begitu nantinya data NISN siswa di database NISN hendak diperbarui (diupdate) lalu disesuaikan dengan data Emis (data di kolom bagian atas).

6. Data Beda; Data di Kolom Atas Salah


Hampir sama dengan kasus nomor 5 namun kali ini data yg tertulis dengan kolom di bagian atas ternyata tidak benar. Kekeliruan ini diakibatkan oleh kesalahan input data saat pengisian lalu upload Emis Online (data di kolom bagian atas diambilkan dari data emis).

Solusi untuk kasus salah data siswa seperti ini adalah:
  1. Klik 'Match' lalu setelah proses verval selesai lakukan Ajuan Perubahan Data. Ajuan Perubahan Data dilakukan melalui menu 'Edit Data' > klik 'Pengajuan' > klik 'Nama & tanggal Lahir' > pilih nama madrasah > klik tombol 'Pilih Siswa' > kemarau menjelma daftar nama siswa, klik nama siswa yg hendak diedit > klik 'OK' > kemarau menjelma isian, isikan 'Nama Baru' lalu 'Tanggal Lahir Baru' lalu upload dokumen pendukung berupa scan Akta Kelahiran alias Ijazah dalam format JPG > klik 'Pengajuan Perubahan'. Ajuan hendak di verval oleh Admin Kanwil Kemenag.
  2. Tunggu Verval PD periode berikutnya (bisa diklik 'Match' alias dibiarkan) dengan catatan dalam pengisian emis berikutnya, data siswa tersebut harus benar.

7. NISN Tidak Sesuai dengan Tahun Kelahiran


Angka kedua lalu ketiga dalam NISN menunjukkan tahun kelahiran. Sehingga andaikan antara NISN dengan tahun kelahirannya berbeda (semisal NISN tertulis 0048534093 padahal tahun kemarau berdiri siswa 2005) tentu menjadi masalah tersendiri.

Jika siswa agak memiliki NISN yg sudah digunakan (tertulis) di dokumen resmi seperti ijazah alias SKHU, solusinya adalah: Klik 'Match'.

Jika siswa agak memiliki NISN namun belum tertulis dalam dokumen resmi seperti ijazah alias SKHU, seperti siswa kelas 1-5 MI, ada dua solusi yg bisa dilakukan, yaitu:
  1. Cara Lama: Ajukan perubahan NISN. Caranya menu 'Edit Data' > klik 'Pengajuan' > klik 'NISN' > pilih nama madrasah > klik tombol 'Pilih Siswa' > kemarau menjelma daftar nama siswa, klik nama siswa yg hendak diedit > klik 'OK'. Muncul isian, isikan NISN (dengan digit kedua lalu ketiga sesuai tahun lahir) yg diinginkan lalu klik 'Ceck NISN' lalu upload dokumen pendukung berupa scan Akta Kelahiran alias Ijazah dalam format JPG > klik 'Pengajuan Perubahan'. Ajuan hendak diverval oleh Admin PDSP Kemdikbud.
  2. Cara Cepat: Klik 'Not Macth' lalu siswa tersebut hendak diberikan NISN baru yg sesuai dengan tahun kelahirannya.

8. Kolom Pencarian NISN Kosong Padahal Punya NISN


Hampir seperti kasus nomor 4 namun bedanya siswa agak memiliki NISN. lalu ketika dilakukan pencarian di situs NISN (http://nisn.data.kemdikbud.go.id/) NISN siswa tersebut pun muncul. Meskipun agak memiliki NISN ternyata kolom pencarian (kolom bagian bawah) tetap kosong ketika nama siswa di kolom bagian atas dipilih.

Solusi bagi siswa yg NISN-nya sudah digunakan (tertulis) di dokumen resmi seperti ijazah alias SKHU adalah dengan mengklik 'Not Match'. Catat NISN lama yg agak dimiliki. Lakukan "Ajuan Perubahan NISN" seperti dengan solusi masalah nomor 7 di atas dengan catatan saat mengisikan NISN, tulis "NISN Lama". Ajuan ini memerlukan waktu karena persetujuannya dilakukan oleh Admin PDSP.

Sedang bagi siswa yg agak memiliki NISN namun belum tertulis dalam dokumen resmi seperti ijazah alias SKHU, solusinya ada dua macam yaitu:
  1. Mengajukan Perubahan NISN
  2. Klik 'Not Macth' sehingga siswa tersebut hendak diberikan NISN baru.

9. Membatalkan Verval


Jika karena satu alias lain hal, siswa yg sudah terlanjur diverval sehingga masuk ke dalam daftar siswa di menu 'referensi' namun ingin dibatalkan lalu dikembalikan ke daftar siswa di menu 'residu' bisa mengikuti langkah-langkah sebagaimana agak diuraikan di artikel sebelumnya, baca : Cara Mengembalikan Siswa ke Residu.

10. Menyalin / Menyimpan NISN lalu Data Siswa


Untuk beroleh menyalin (copy) NISN beserta data siswa ke dalam dokumen agar beroleh dipergunakan dalam berbagai kegiatan administratif termasuk mencetak daftar NISN di suatu madrasah, silakan baca artikel: Cara Copy lalu Cetak Semua NISN Hasil Verval PD

11. Hasil di Situs Pencarian NISN Berbeda dengan Verval PD


Hasil Verval PD hendak ditampilkan dalam situs pencarian NISN yg beroleh diakses secara umum. Situs pencarian NISN tersebut beralamatkan di http://nisn.data.kemdikbud.go.id/. Namun andaikan ternyata data yg ditampilkan di situs tersebut masih berbeda dengan data dalam Verval PD, solusinya adalah lakukan 'Konfirmasi Data'.

Daftar masalah  yg kerap dihadapi sewaktu melakukan Verval PD  kemarau Daftar Masalah  lalu Solusi dalam Verval PD

Cara melakukan konfirmasi data adalah:
  1. Klik menu 'Konfirmasi Data'
  2. Klik 'kecamatan' lalu klik 'nama madrasah'
  3. Klik menu 'Data terindikasi sama / mirip / sesuai
  4. Muncul daftar siswa
  5. Klik kotak di depan NISN (paling atas) hingga semua data tercetang
  6. Klik OK
  7. Muncul konfirmasi, klik OK
  8. Ulangi langkah 5 - 7 hingga semua siswa dalam daftar habis.

Itulah 11 permasalahan, kendala, lalu kasus dalam pelaksanaan Verval Peserta Didik (PD) yg biasa dijumpai. Daftar masalah verval tersebut agak dilengkapi dengan solusi lalu jalan keluar. Namun andaikan rekan-rekan operator madrasah menjumpai kendala yg lain, silakan tinggalkan komentar di kolom komentar blog ini. Jika kami mampu, insa Allah hendak kami carikan solusi.

No comments:

Post a Comment