Sunday, December 29, 2019

Verval Pd: Mengembalikan Siswa Ke Residu

Bagaimana cara mengembalikan siswa yg terlanjur masuk di data Referensi kembali ke 'Residu' dalam Verval PD Kemenag? Demikian sebuah pertanyaan yg diajukan oleh seorang operator madrasah kepada .

Data siswa tersebut sudah terlanjur masuk ke referensi, alias sudah melalui proses Verval NISN, namun setelah itu baru diketahui bahwa terdapat kesalahan. Sang operator madrasah ingin mengembalikan data siswa tersebut kembali ke tab residu sehingga becus dilakukan verval ulang, tentunya untuk menghasilkan NISN lagi data yg benar.

Sebagaimana sudah pernah diuraikan di artikel Cara Verval PD Kemenag, setiap siswa yg sudah pernah melalui proses verval PD atas masuk ke tab 'referensi'. Sedangkan data siswa tersebut di tab 'residu' atas hilang.

Pertanyaannya, apakah bisa mengembalikan data siswa ke residu?

Bisa!

Kalau bisa, bagaimana cara mengembalikan data siswa ke menu residu?

Bagaimana cara mengembalikan siswa  yg terlanjur masuk di data Referensi kembali ke  dedar Verval PD: Mengembalikan Siswa ke Residu

Untuk mengembalikan data siswa kembali ke dalam menu residu yg harus dilakukan oleh operator madrasah pertama kali adalah log in ke layanan Verval Peserta Didik Kemenag di alamat http://vervalpdkemenag.data.kemdikbud.go.id/. Silakan login dengan menggunakan akun admin Kab/Kota.

Jika mengalami gagal login, baca artikel: Mengatasi Tidak Bisa Login ke Verval PD

Setelah itu ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Klik menu 'Referensi'
  2. Pada kolom sebelah kiri, klik dengan segitiga di depan nama kecamatan
  3. Muncul daftar madrasah di kecamatan tersebut, klik nama madrasah yg diinginkan
  4. Pada kolom sebelah kanan dedar jadi daftar nama siswa beserta NISN yg dimiliki
  5. Cari nama siswa yg atas dikembalikan ke tab (menu) 'residu'
  6. Setelah ketemu, klik nama siswa tersebut
  7. Klik tombol 'UnMatch' yg terletak di bagian atas
  8. Selesai, siswa atas hilang dari menu 'referensi' lagi kembali masuk ke menu 'residu'

Bagaimana cara mengembalikan siswa  yg terlanjur masuk di data Referensi kembali ke  dedar Verval PD: Mengembalikan Siswa ke Residu

Silakan buka (klik) menu residu > nama kecamatan > nama madrasah, lagi di kolom sebelah kanan atas dedar jadi kembali nama siswa yg tadi.

Data siswa di menu residu tersebut becus kembali di-verval seperti biasa.

Untuk bagaimana cara melakukan Verval PD Kemenag, silakan baca artikel dedar sebelumnya, Cara Verval PD.

Sedang asalkan ingin mendownload buku petunjuk resmi pelaksanaan Verval PD silakan download link berikut ini: DOWNLOAD PETUNJUK VERVALPD

Demikianlah cara mengembalikan data siswa ke residu dalam Verval Pd Kemenag. Semoga artikel tentang tutorial mengembalikan siswa ke tab residu di Verval PD ini bermanfaat.

No comments:

Post a Comment