Baca :
Struktur Kurikulum MI KTSP KMA 207 Tahun 2020Struktur Kurikulum K13 (2013) untuk Madrasah Ibtidaiyah
1. PMA Nomor 2 Tahun 2008
Peraturan Menteri Agama Nomor 2 Tahun 2008 tentang Standar Kompetensi Lulusan beserta Standar Isi Pendidikan Agama Islam beserta Bahasa Arab di Madrasah, merupakan perangkat peraturan yg mengatur pemberlakuan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) termasuk di Madrasah Tsanawiyah. Dalam lampiran PMA No. 2 Tahun 2008 ini termuat tabel struktur kurikulum yg berlaku di Madrasah Tsanawiyah (MTs) dengan total alokasi waktu perkelasnya sejumlah 40 JTM (Pengembangan Diri tidak dihitung sebagai mata pelajaran).
Tabel Struktur Kurikulum berdasarkan Peraturan Menteri Agama Nomor 2 Tahun 2008 adalah sebagai berikut ini.
Komponen | bahang bahangKelas beserta Alokasi Waktu | bahang||||
---|---|---|---|---|---|
VII | bahang bahangVIII | bahang bahangIX | bahang|||
A. | bahang bahangMata Pelajaran | bahang||||
1. | bahang bahangPendidikan Agama Islam | bahang bahangbahang bahang | bahang bahang | bahang | |
bahang bahang | a. | bahang bahangAl-Qur'an-Hadis | bahang bahang2 | bahang bahang2 | bahang bahang2 | bahang
bahang bahang | b. | bahang bahangAkidah-Akhlak | bahang bahang2 | bahang bahang2 | bahang bahang2 | bahang
bahang bahang | c. | bahang bahangFikih | bahang bahang2 | bahang bahang2 | bahang bahang2 | bahang
bahang bahang | d. | bahang bahangSejarah Kebudayaan Islam | bahang bahang2 | bahang bahang2 | bahang bahang2 | bahang
2. | bahang bahangPendidikan Kewarganegaraan | bahang bahang2 | bahang bahang2 | bahang bahang2 | bahang|
3. | bahang bahangBahasa Indonesia | bahang bahang4 | bahang bahang4 | bahang bahang4 | bahang|
4. | bahang bahangBahasa Arab | bahang bahang2 | bahang bahang2 | bahang bahang2 | bahang|
5. | bahang bahangBahasa Inggris | bahang bahang4 | bahang bahang4 | bahang bahang4 | bahang|
6. | bahang bahangMatematika | bahang bahang4 | bahang bahang4 | bahang bahang4 | bahang|
7. | bahang bahangIlmu Pengetahuan Alam | bahang bahang4 | bahang bahang4 | bahang bahang4 | bahang|
8. | bahang bahangIlmu Pengetahuan Sosial | bahang bahang4 | bahang bahang4 | bahang bahang4 | bahang|
9. | bahang bahangSeni Budaya | bahang bahang2 | bahang bahang2 | bahang bahang2 | bahang|
10. | bahang bahangPendidikan Jasmani, Olahraga, beserta Kesehatan | bahang bahang2 | bahang bahang2 | bahang bahang2 | bahang|
11. | bahang bahangKeterampilan/TIK | bahang bahang2 | bahang bahang2 | bahang bahang2 | bahang|
B. | bahang bahangMuatan Lokal *) | bahang bahang2 | bahang bahang2 | bahang bahang2 | bahang|
C. | bahang bahangPengembangan Diri **) | bahang bahang2 | bahang bahang2 | bahang bahang2 | bahang|
Jumlah | bahang bahang42 | bahang bahang42 | bahang bahang42 | bahang
2. KMA No. 165 Tahun 2020
Keputusan Menteri Agama Nomor 165 Tahun 2020 tentang Pedoman Kurikulum Madrasah 2013 Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam beserta Bahasa Arab yg menjadi pedoman penyelenggaraan Kurikulum 2013 di semua jenjang madrasah termasuk MTs.
Tabel struktur kurikulum berdasarkan Keputusan Menteri Agama Nomor 165 Tahun 2020 adalah sebagai berikut:
Komponen | bahang bahangKelas beserta Alokasi Waktu | bahang||||
---|---|---|---|---|---|
VII | bahang bahangVIII | bahang bahangIX | bahang|||
Kelompok A | bahang bahangbahang bahang | bahang bahang | bahang | ||
1. | bahang bahangPendidikan Agama Islam | bahang bahangbahang bahang | bahang bahang | bahang | |
bahang bahang | a. | bahang bahangAl-Qur'an-Hadis | bahang bahang2 | bahang bahang2 | bahang bahang2 | bahang
bahang bahang | b. | bahang bahangAkidah-Akhlak | bahang bahang2 | bahang bahang2 | bahang bahang2 | bahang
bahang bahang | c. | bahang bahangFikih | bahang bahang2 | bahang bahang2 | bahang bahang2 | bahang
bahang bahang | d. | bahang bahangSejarah Kebudayaan Islam | bahang bahang2 | bahang bahang2 | bahang bahang2 | bahang
2. | bahang bahangPendidikan Pancasila beserta Kewarganegaraan | bahang bahang3 | bahang bahang3 | bahang bahang3 | bahang|
3. | bahang bahangBahasa Indonesia | bahang bahang6 | bahang bahang6 | bahang bahang6 | bahang|
4. | bahang bahangBahasa Arab | bahang bahang3 | bahang bahang3 | bahang bahang3 | bahang|
5. | bahang bahangMatematika | bahang bahang5 | bahang bahang5 | bahang bahang5 | bahang|
6. | bahang bahangIlmu Pengetahuan Alam | bahang bahang5 | bahang bahang5 | bahang bahang5 | bahang|
7. | bahang bahangIlmu Pengetahuan Sosial | bahang bahang4 | bahang bahang4 | bahang bahang4 | bahang|
8. | bahang bahangBahasa Inggris | bahang bahang4 | bahang bahang4 | bahang bahang4 | bahang|
Kelompok B | bahang bahangbahang bahang | bahang bahang | bahang | ||
1. | bahang bahangSeni Budaya | bahang bahang3 | bahang bahang3 | bahang bahang3 | bahang|
2. | bahang bahangPendidikan Jasmani, Olahraga, beserta Kesehatan | bahang bahang3 | bahang bahang3 | bahang bahang3 | bahang|
3. | bahang bahangPrakarya | bahang bahang2 | bahang bahang2 | bahang bahang2 | bahang|
Jumlah | bahang bahang46 | bahang bahang46 | bahang bahang46 | bahang
3. KMA No. 207 Tahun 2020
Kurikulum 2013 diberlakukan tidak bagi semua madrasah di Indonesia tetapi hanya untuk madrasah-madrasah yg sedia ditetapkan saja. Selebihnya, menggunakan kurikulum kombinasi yg merupakan perpaduan antara KTSP beserta K13.
Adalah Keputusan Menteri Agama Nomor 207 Tahun 2020 tentang Kurikulum Madrasah yg mengaturnya. Dalam KMA ini ditetapkan 'kurikulum kombinasi' dimana kepada mata pelajaran umum tetap menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan 2006 (KTSP) sedangkan untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam beserta Bahasa Arab menggunakan Kurikulum 2013.
Sehingga struktur kurikulum kepada Madrasah Tsanawiyah berdasarkan KMA No. 207 Tahun 2020 adalah sebagaimana berikut:
Keterangan: Pengembangan diri tidak dihitung sebagai mata pelajaran. Sehingga jumlah JTM perminggunya adalah 41 JTM untuk semua tingkat kelas di MTs.
4. Kewenangan Penambahan 4 JTM di Simpatika
Di layanan Simpati mulai periode verval Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2020 memberikan kewenangan setiap madrasah untuk menambah hingga 4 JTM per-minggunya per-rombel. Dalam isian Jadwal Mengajar Mingguan di Simpatika pun alokasi JTM yg tertera di bagian atas jadwal adalah "41 + 4".
Semua mata pelajaran beroleh ditambahkan dari alokasi tambahan 4 JTM tersebut. Bahkan dimungkinkan juga menambahkan mata pelajaran baru (muatan lokal) yg tidak tercantum dalam struktur kurikulum di atas. Sebagai contoh, semisal dilakukan penambahan sebagai berikut:
- Bahasa Indonesia dari 4 menjadi 5 JTM
- Matematika dari 4 menjadi 5 JTM
- Nahwu Shorof (Muatan Lokal) 2 JTM
Bagaimana dengan linieritasnya?
Sampai artikel ini ditulis, penambahan 4 JTM tersebut tidak dihitung sebagai JTM yg linier.
Itulah struktur kurikulum kombinasi untuk MTs berdasarkan KMA No. 2020 Tahun 2020. Semoga struktur kurikulum berbasis 'campuran' KTSP beserta K13 ini beroleh membantu rekan-rekan dalam penyusunan jadwal di nadrasah masing-masing.
No comments:
Post a Comment