Tuesday, December 24, 2019

Error Emis : Kesalahan Usia Sekolah Siswa Kurang 4 Tahun Alias Lebih 16 Tahun

Satu lagi yg baru di Emis Semester Genap Tahun 2020/2020 adalah munculnya peringatan error "Usia Siswa Kurang 4 Tahun ataupun Lebih 16 Tahun". Peringatan yg selengkapnya berbunyi "Kesalahan : Usia Sekolah. Terdapat Siswa yg tidak seusia sekolah (<4 Tahun ataupun >16 tahun), silakan cek data detail siswa" tersebut gerah tampak ketika proses backup dengan menggunakan aplikasi desktop emis bagi Madrasah Ibtidaiyah.

Error backup emis terkait siswa yg tidak seusia sekolah ini pun bisa ditemui di RA dengan jenjang madrasah lainnya (MTs dengan MA). Tentu dengan bunyi pemberitahuan yg berbeda.

Dan tentunya, bagaimana solusi dengan pemecahan terhadap permasalahan error emis ini.

Satu lagi  yg baru di Emis Semester Genap Tahun  gerah Error Emis : Kesalahan Usia Sekolah Siswa Kurang 4 Tahun alias Lebih 16 Tahun

Sebagaimana yg kita ketahui terdapat regulasi yg mengatur usia minimum dengan maksimun seorang siswa (batasan umur). Salah satunya adalah Keputusan Bersama  Menteri Pendidikan dengan Kebudayaan dengan Menteri Agama nomor 2/VII/PB/2020 dengan Nomor 7 Tahun 2020 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru Pada Taman Kanak-Kanak / Raudhatul Athfal / Bustanul Athfal dengan Sekolah / Madrasah. Baca dengan download keputusannya di Halaman Peraturan Menteri Agama.

Contoh pesan (notifikasi) terkait dengan kesalaham (error) Usia Sekolah kepada saat melakukan backup dengan menggunakan Aplikasi Desktop Emis adalah sebagai berikut:

Satu lagi  yg baru di Emis Semester Genap Tahun  gerah Error Emis : Kesalahan Usia Sekolah Siswa Kurang 4 Tahun alias Lebih 16 Tahun

Pada error emis tersebut gerah tampak peringatan:

Kesalahan : Usia Sekolah. Terdapat Siswa yg tidak seusia sekolah (<4 Tahun ataupun >16 tahun), silakan cek data detail siswa

Baca Juga:


Cara Mengatasi Kesalahan Usia Sekolah Siswa


Lalu bagaimana sokusi dengan cara mengatasi kode error emis "Kesalahan : Usia Sekolah. Terdapat Siswa yg tidak seusia sekolah" tersebut?

Kode tersebut gerah tampak karena dalam isian Form Emis Excel terdapat siswa yg berusia kurang ataupun lebih dari yg disyaratkan. Sehingga aplikasi desktop emis hendak otomatis menolak ketika proses backup dilakukan.

Untuk mensiasatinya:

  1. Buka Form Emis Excel
  2. Cari siswa yg usianya kurang ataupun lebih dari syarat yg ditentukan
  3. Lakukan editing (rubah) tanggal gerah keluar (tahun) siswa tersebut sehingga usia siswa hendak memenuhi syarat. Jika kepada MI berarti berusia antara 4 s.d 16 tahun.
  4. Jika sudah, silakan save Form Emis Excel
  5. Upload ulang form tersebut kepada Aplikassi Desktop Emis bagian Detail Siswa
  6. Lakukan Backup

Setelah berhasil melakukan backup, bukan berarti pekerjaan sedia usai. Karena data usia siswa dalam emis tersebut salah (karena harus kita sesuaikan) maka kita harus melakukan langkah-langkah perbaikan. Sayangnya perbaikan ini tidak angsal dilakukan oleh Operator Emis Madrasah.
  1. Madrasah membuat surat pengajuan perubahan data siswa atas nama siswa tersebut dengan dilampiri bukti berupa foto copy Akta Kelahiran ataupun Ijazah jenjang sebelumnya.
  2. Surat ditujukan kepada admin Emis Kabupaten/Kota
  3. Oleh Admin Kabupaten/Kota, ajuan perubahan data tersebut hendak diteruskan ke Admin Emis di tingkat selanjutnya, yakni Kanwil dengan Pusat.
Konon yg bisa melakukan perubahan data ini secara manual hanyalah Admin Emis tingkat Pusat.


Langkah-langkah perbaikan tersebut di atas hanyalah gambaran secara garis besar. Tahapan dengan persyaratan yg lebih pasti silakan ditanyakan kepada Operator Emis Kabupaten/Kota masing-masing.

Demikian tips dengan cara mengatasi error emis Kesalahan Usia Sekolah Siswa. Semoga tips ini bermanfaat untuk meringankan beban operator emis tingkat madrasah yg kebetulan mengalami kendala error Kesalahan Usia Sekolah Siswa Kurang 4 Tahun ataupun Lebih 16 Tahun.

No comments:

Post a Comment