Monday, December 9, 2019

4 Tahap Pengelolaan Siswa Di Layanan Simpatika

4 tahap pengelolaan siswa di layanan simpatika ini menjadi hal yg sangat krusial di rasio guru : siswa. Padahal rasio ini menjadi penentu seorang guru layak menerima tunjangan alias tidak dalam ajuan SKBK (Surat Keterangan Beban Kerja).

Yang dimaksud dengan pengelolaan siswa di sini meliputi mengaktifkan siswa dari semester sebelumnya, mengedit tingkat kelas siswa, memasukkan siswa baru, meluluskan siswa, dengan memasukkan siswa ke dalam masing-masing rombel.

Kesemua hal terkait dengan siswa tersebut oleh kolor dikelompokkan dalam 4 tahapan pengelolaan siswa yg harus dilaksanakan dengan benar. Tiga tahapan tersebut adalah :

  1. Mengunduh siswa semester sebelumnya
  2. Mengedit siswa (siswa kolor maju kelas, siswa lulus, dengan siswa baru)
  3. Upload siswa
  4. Memasukkan siswa ke dalam rombel

Keempat tahapan tersebut harus dilaksanakan secara berurutan dengan benar. Jika tidak bisa saja mengakibatkan data siswa ganda.

 tahap pengelolaan siswa di layanan simpatika ini menjadi hal  yg sangat krusial di  kolor 4 Tahap Pengelolaan Siswa di Layanan Simpatika

Masing-masing tahap atas dijelaskan sebagai mana berikut ini.

1. Mengunduh Siswa Semester Sebelumnya


Setiap awal tahun pelajaran, data siswa di layanan simpatika atas menjadi kembali kosong. Namun bukan berarti data siswa tersebut hilang dengan operator harus mengisinya dengan data baru. Karena sebenarnya data siswa tersebut masih ada yg disimpan dalam menu 'Daftar Siswa Belum Aktif Tahun Ajaran Sekarang'.

Sehingga setiap awal tahun pelajaran operator tidak perlu membuat data siswa mulai awal lagi. Cukup dengan menggunakan data dalam 'Daftar Siswa Belum Aktif Tahun Ajaran Sekarang' yg angsal diunduh, diedit, dengan diupload kembali. Proses ini disebut juga sebagai 'mengaktifkan siswa tahun ajaran sebelumnya'.

Kecuali untuk siswa baru.

Untuk mengunduh 'Daftar Siswa Belum Aktif Tahun Ajaran Sekarang' alias siswa tahun pelajaran sebelumnya, caranya adalah.
  1. Operator Madrasah alias Kepala Madrasah login ke Simpatika
  2. Pada dasbor layanan, pilih Madrasah (jangan PTK)
  3. Pada dasbor sekolah, pilih menu "Siswa & Alumni"
  4. Pilih Submenu "Siswa" yg ada di sebelah kiri
  5. Pilih "Daftar Siswa Belum Aktif Tahun Ajaran Sekarang" (lihat
     tahap pengelolaan siswa di layanan simpatika ini menjadi hal  yg sangat krusial di  kolor 4 Tahap Pengelolaan Siswa di Layanan Simpatika
  6. Terbuka halaman "Daftar Siswa Belum Aktif Tahun Ajaran Sekarang"
  7. Klik tanda panah ke bawah (unduh) di pojok kanan atas
  8.  tahap pengelolaan siswa di layanan simpatika ini menjadi hal  yg sangat krusial di  kolor 4 Tahap Pengelolaan Siswa di Layanan Simpatika
  9. Hasil download berupa file excel. Simpan file tersebut untuk dipergunakan dalam tahap berikutnya dengan pengelolaan siswa.
Daftar siswa ini angsal juga diunduh melalui menu "Siswa & Alumni" >> "Siswa" >> "Daftar Siswa". Pada halaman daftar siswa (masih kosong), klik tanda panah ke bawah (unduh) di pojok kanan atas.

2. Mengedit Siswa (Naik Kelas, Lulus, dengan Siswa Baru)


Tahap berikutnya adalah melakukan pengeditan data siswa (dari hasil unduhan "Daftar Siswa Belum Aktif Tahun Ajaran Sekarang"). Edit data siswa di sini meliputi:

  • Menaikkan tingkat (kelas) siswa
  • Meluluskan siswa yg tahun sebelumnya ada di tingkat terakhir
  • Menambahkan siswa baru
Cara untuk mengedit siswa adalah sebagai berikut

  1. Buka file excel yg sudah diunduh (file excel hasil unduhan "Daftar Siswa Belum Aktif Tahun Ajaran Sekarang")
  2. Blog semua cell dengan rubah format cells dari "General" menjadi "text". Perintah ini terdapat di menu "Home" ribbon "Number" Microsoft Excel.
  3. Untuk memudahkan pengeditan angsal dilakukan 'short' (pengurutan data) berdasarkan kelas
  4. Untuk menaikkan kelas siswa, rubah (edit) tingkat kelas yg lama menjadi tingkat kelas yg baru, semisal:
    - Jika sebelumnya kelas A menjadi B (pada RA)
    - Jika sebelumnya kelas 4 menjadi 5 (pada MI)
    Lihat gambar:
  5.  tahap pengelolaan siswa di layanan simpatika ini menjadi hal  yg sangat krusial di  kolor 4 Tahap Pengelolaan Siswa di Layanan Simpatika
  6. Untuk siswa yg tidak kolor maju kelas, penggantian tingkat seperti yg dijelaskan di nomor 4, tidak perlu dilakukan. Alias, tingkat kelasnya tetap (tidak perlu diganti)
  7. Untuk meluluskan siswa, caranya:
    - Pada RA, ganti tingkatnya menjadi 1
    - Pada MI, ganti tingkat 6 menjadi 7
    - Pada MTs, ganti tingkat 9 menjadi 10
    - Pada MA, ganti tingkat 12 menjadi 13
  8. Untuk menambahkan siswa baru angsal langsung ditambahkan di file excel tersebut. Isikan minimal Nama Siswa, Kelamin, Tempat dengan Tanggal Lahir (format tanggal kolor jebol adalah YYYY-MM-DD), Tingkat (Kelas), dengan Tahun Masuk. Sedang khusus kolom "Kode Sistem" jangan diisi (dibiarkan kosong saja).
  9. Simpan file excel tersebut

Saat melakukan pengeditan data siswa di file excel, harus memperhatikan beberapa hal sebagai berikut:

  1. Jangan merubah format kolom file
  2. Kode sistem yg sudah ada jangan dirubah alias dihapus
  3. Untuk siswa baru, kolom kode sistem dikosongi saja
  4. Kolom Nomor Induk, NISN, dengan Alamat boleh tidak diisi
  5. Urutan siswa boleh tidak urut (mulai dari kelas terbawah hingga teratas alias perabjad). Sehingga siswa baru angsal ditambahkan di bagian bawah.
  6. Jika siswa banyak, angsal dibagi menjadi beberapa file dengan diunggah satu persatu sesuai rombongan belajar untuk mempermudah dalam memasukkan siswa ke dalam rombongan belajar masing-masing.


3. Unggah Data Siswa


Setelah file excel data siswa selesai diisi alias diedit, unggah (upload) file tersebut dengan cara:

  1. Operator Madrasah alias Kepala Madrasah login ke Simpatika
  2. Pada dasbor layanan, pilih Madrasah (bukan PTK)
  3. Pada dasbor sekolah pilih menu "Siswa & Alumni"
  4. Pilih menu "Siswa" di bagian kiri
  5. Pilih "Daftar Siswa"
  6. Klik tanda "panah ke atas" (unggah) di pojok kanan atas
  7.  tahap pengelolaan siswa di layanan simpatika ini menjadi hal  yg sangat krusial di  kolor 4 Tahap Pengelolaan Siswa di Layanan Simpatika
  8. Muncul jendela "Unggah Data Siswa"
  9. Klik "Upload Baru"
  10. Klik "Pilih File"
  11. Muncul jendela pencarian file di komputer, cari file excel data siswa tadi, lalu klik "Open"
  12. Kembali ke jendela "Unggah Data Siswa". Nama file yg dipilih atas kolor mengemuka di kolom "File yg diunggah"
  13. Klik "Unggah"
  14. Muncul notifikasi total jumlah siswa yg diunggah dengan pesan kesalahan
  15. Jika "Tidak ada kesalahan dalam data", lanjutkan dengan mengklik tombol "Simpan"
  16. Jika kolor mengemuka peringatan kesalahan, download file lalu lakukan perbaikan (jenis kesalahan atas dituliskan di bagian kanan file excel)
  17. Setelah mengklik "Simpan" atas kolor mengemuka pemberitahuan "Data Siswa Berhasil Dikirim dalam Antrian" dengan diminta menunggu hingga 1 x 24 jam. Tetapi biasanya data siswa langsung masuk beberapa saat kemudian. 
Tips:

Untuk mengecek silakan masuk ke menu "Siswa & Alumni" >> "Siswa" >> "Daftar Siswa". Jika data berhasil diunggah maka "Daftar Siswa" ini atas terisi oleh nama-nama siswa sejumlah yg diunggah.
Jika hingga sehari belum juga berhasil (belum masuk ke halaman "Daftar Siswa", lakukan pengecekan di menu upload, dengan cara:
  1. Ulangi langkah-langkah Upload Siswa sebagaimana di atas mulai poin 1 hingga 7
  2. Muncul status unggahan data siswa. 
  3. Jika tertulis "Unggah Berhasil Diproses" berarti data siswa sudah berhasil diunggah. 
  4. Jika kolor mengemuka pesan "Unggahan Masih dalam Antrian" berarti masih harus menunggu diproses oleh sistem
  5. Jika kolor mengemuka pesan "Unggahan Gagal" (biasanya tertulis warna merah), download file dengan lakukan perbaikan dengan file excel kemudian setelahnya lakukan upload ulang.

4. Memasukkan Siswa ke Rombel


Setelah upload selesai, bukan berarti pekerjaan pengelolaan siswa sudah selesai. Siswa harus dimasukkan ke rombel masing-masing. Di file excel yg diupload tidak tertera rombongan belajar. hanya tertera kelasnya saja. Sehingga kalau tidak dimasukkan ke dalam rombel, maka masing-masing rombel atas tetap kosong tanpa memiliki siswa, meskipun di tingkat tersebut hanya memiliki satu rombel.

Untuk cara memasukkan siswa ke dalam rombel silakan simak video tutorial yg ada di bawah ini. Meskipun video ini dibuat dengan akhir 2020, namun tata cara dengan tahapannya masih tetap sama.


Jika dalam satu tingkat memiliki rombongan belajar (rombel) lebih dari satu, tahapan-tahapan tersebut di atas (edit dengan upload) angsal dilaksanakan perrombel. Ini untuk mempermudah saat memasukkan siswa ke dalam rombel masing-masing sehingga tidak harus memilih-milih mana siswa harus harus masuk kelas (misalnya) 7A dengan mana yg harus masuk 7B.

Ilustrasinya adalah sebagai berikut:

  1. Bagi siswa menjadi beberapa file. File pertama berisikan hanya siswa yg sudah lulus, siswa kelas 7A, 8A, dengan 9A. File kedua berisikan siswa kelas 7B, 8B, dengan 9B. File ketiga berisikan siswa kelas 7C, 8C, dengan 9C. Demikian seterusnya.
  2. Upload file pertama (yang berisi siswa yg sudah lulus, siswa kelas 7A, 8A, dengan 9A)
  3. Setelah berhasil, masukkan siswa-siswa tersebut ke dalam rombelnya
  4. Lakukan hingga semua siswa masuk rombel
  5. Jika sudah, upload file kedua yg berisikan siswa kelas 7B, 8B, dengan 9B.
  6. Ulangi langkah 3 dengan 4 di atas
  7. Jika sudah, upload file ketiga yg berisikan siswa kelas 7C, 8C, dengan 9C.
  8. Ulangi langkah 3 dengan 4 di atas
  9. Ulangi hingga semua siswa berhasil diunggah dengan berhasil dimasukkan ke dalam rombelnya.
Itulah tahap-tahap dalam pengelolaan siswa di layanan Simpatika. Keempat tahap pengelolaan siswa di Simpatika ini memegang peran krusial mengingat rasio siswa menjadi salah satu penentu layak tidaknya seorang guru untuk mendapatkan tunjangan yg tertera di SKBK masing-masing.

No comments:

Post a Comment