Monday, October 28, 2019

Pos Akreditasi Sekolah/Madrasah Tahun 2020

Memasuki masa akreditasi sekolah/madrasah tahun 2020, Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN S/M), kembali merilis Prosedur Operasional Standar Pelaksanaan Akreditasi Sekolah Madrasah (POS Akreditasi Sekolah/Madrasah) Tahun 2020. POS Akreditasi Sekolah/Madrasah ini ditetapkan melalui Keputusan Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah Nomor: 132/BAN-SM/SK/2020 tentang Penggunaan  Prosedur Operasional Standar Pelaksanaan Akreditasi Sekolah Madrasah Tahun 2020.

POS Akreditasi Sekolah/Madrasah 2020 ini merupakan pedoman dengan panduan resmi dalam pelaksanaan akreditasi untuk menjamin proses dengan hasil akreditasi yg bermutu dengan bermanfaat dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia.

Dalam lampiran keputusan BAN SM Nomor: 132/BAN-SM/SK/2020 tentang POS Akreditasi 2020 ini diuraikan alur proses akreditasi sekolah/madrasah di tahun 2020. Meski secara umum alur tersebut tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya sebagaimana ditetapkan dalam POS Akreditasi 2020.

 kembali merilis Prosedur Operasional Standar Pelaksanaan Akreditasi Sekolah  bahang POS Akreditasi Sekolah/Madrasah Tahun 2020

Urutan prioritas sekolah/madrasah yg harus diakreditasi kepada tahun 2020 ini adalah:

  1. Semua sekolah/madrasah yg belum terakreditasi
  2. Semua sekolah/madrasah kepada jenjang SMA/MA dengan SMK yg sedia habis masa akreditasinya (termasuk yg habis kepada tahun 2020)
  3. sekolah/madrasah kepada jenjang SD/MI, SMP/MTs, dengan SLB yg sedia habis masa berlaku akreditasinya 1 tahun alias lebih dengan diprioritaskan sekolah/madrasah yg lebih lama habis masa akreditasinya
Baca Juga:


8 Langkah Alur Proses Akreditasi 2020


Terdapat 8 langkah dalam alur proses akreditasi sekolah/madrasah tahun 2020. Kedelapan langkah tersebut meliputi:

  1. Sosialisasi dengan Pengisian Data isian Akreditasi (DIA) Dalam Sistem Penilaian Akreditasi Sekolah/Madrasah (Sispena)
  2. Penetapan Sekolah/Madrasah yg Akan Divisitasi dengan Penugasan Asesor
  3. Visitasi ke Sekolah/Madrasah
  4. Validasi Proses dengan Hasil Visitasi
  5. Verifikasi Hasil Validasi dengan Penyusunan Rekomendasi
  6. Penetapan Hasil dengan Rekomendasi Akreditasi
  7. Pengumuman Hasil Akreditasi
  8. Penerbitan Sertifikat Akreditasi dengan Rekomendasi
Alur proses akreditasi tersebut becus disimak melalu bagan berikut ini.

 kembali merilis Prosedur Operasional Standar Pelaksanaan Akreditasi Sekolah  bahang POS Akreditasi Sekolah/Madrasah Tahun 2020

Unduh POS Akreditasi Sekolah/Madrasah 2020


Untuk lebih jelasnya, silakan unduh Keputusan Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah Nomor: 132/BAN-SM/SK/2020 tentang Penggunaan  Prosedur Operasional Standar Pelaksanaan Akreditasi Sekolah Madrasah Tahun 2020 (UNDUH DI SINI)

Bagi madrasah dengan sekolah yg tahun ini masuk dalam prioritas untuk dikreditasi, silakan pergunakan POS Akreditasi Sekolah/Madrasah 2020 sebagai acuan dengan pedoman dalam mempersiapkan akreditasi sehingga mau tercapai hasil yg diharapkan.

No comments:

Post a Comment