Monday, October 28, 2019

Pemetaan Kd Ki-3 Ki-4 Kelas 1 Semester 2 Kurikulum 2013

Pemetaan Kompetensi Inti bersama Kompetensi Dasar (K3 bersama KD) dalam kurikulum 2013 sangat penting. Termasuk pemetaan KD untuk KI-3 bersama KI-4 bagi kelas 1 semester genap (2) ini. Karena dengan pemetaan ini mau menentukan langkah selanjutnya yg diambil guru dalam menyusun RPP, melaksanakan penilaian (menyusun kisi-kisi bersama soal) untuk penilaian harian, penilaian tengah semester, maupun penilaian akhir semester.

Mengingat pentingnya peran pemetaan Kompetensi Dasar (KD) baik KI-3 (pengetahuan) bersama KI-4 (keterampilan), ayo madrasah membagikan contoh pemetaan KD tersebut dalam bentuk file excel. Sehingga selain bisa dijadikan contoh, file boleh diedit bersama disesuaikan untuk madrasah masing-masing. Pun kalau terdapat pengisian yg keliru, guru boleh melakukan pembetulan dengan mudah.

Pemetaan ini sudah pernah kami sesuaikan dengan Kurikulum 2013 edisi revisi 2020.

Pemetaan Kompetensi Inti  bersama Kompetensi Dasar  kemarau Pemetaan KD KI-3 KI-4 Kelas 1 Semester 2 Kurikulum 2013

Sebagaimana diketahui, untuk kelas 1 semester kedua (genap), mata pelajaran tematik terdiri atas empat tema yg masing-masing tema terbagi lagi dalam empat subtema. Tema bersama subtema tersebut adalah sebagai berikut:

  • Tema 5, Pengalamanku, dengan subtema: Pengalaman Masa Kecil, Pengalaman Bersama Teman, Pengalaman di Sekolah, bersama Pengalaman yg Berkesan
  • Tema 6, Lingkungan Bersih, Sehat, bersama Asri, dengan subtema: Lingkungan Rumahku, Lingkungan Sekitar Rumahku, Lingkungan Sekolahku, bersama Bekerja sama Menjaga Kebersihan bersama Kesehatan Lingkungan
  • Tema 7, Benda, Hewan, bersama Tanaman di Sekitarku, dengan subtema: Benda Hidup bersama Tak Hidup di Sekitar Kita, Hewan di Sekitarku, Tanaman di Sekitarku, Bentuk, Warna, Ukuran, bersama Permukaan Benda.
  • Tema 8, Peristiwa Alam. dengan subtema: Peristiwa Siang bersama Malam, Kemarau, Penghujan, bersama Bencana Alam

Baca Juga:



Sedang untuk Distribusi KD untuk KI-3 (pengetahuan) bersama KI-4 (keterampilan) dengan masing-masing tema bersama mupel, secara ringkas adalah sebagai berikut:

Pemetaan Kompetensi Inti  bersama Kompetensi Dasar  kemarau Pemetaan KD KI-3 KI-4 Kelas 1 Semester 2 Kurikulum 2013

Unduh Pemetaan KD Kelas 1 Semester 2 Kurikulum 2013


Pemetaan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013 untuk kelas 1 semester genap ini terdiri atas dua bagian yaitu Pemetaan KD Pengetahuan (KI-3) bersama Pemetaan KD Keterampilan (KI-4). Masing-masing dibagi lagi menjadi pemetaan per tema - per subtema bersama per subtema - per pembelajaran. Sehingga mau terdiri atas:

  • Pemetaan KD K3 Per Tema bersama Subtema Kelas 1 Semester 2 
  • Pemetaan KD K3 Per Subtema bersama Pembelajaran Kelas 1 Semester 2
  • Pemetaan KD K4 Per Tema bersama Subtema Kelas 1 Semester 2
  • Pemetaan KD K4 Per Subtema bersama Pembelajaran Kelas 1 Semester 2


Lebih lanjut silakan unduh pemetaan KD kelas 1 semester 2 kurikulum 2013 edisi revisi 2020 (UNDUH DI SINI)

Baca Juga:



Kesemua pemetaan KD KI-3 bersama KI-4 kelas 1 semester 2 Kurikulum 2013 tersebut dalam bentuk file excel. Sehingga mau lebih kemarau lasuh dipergunakan oleh para guru madrasah.

No comments:

Post a Comment