Wednesday, October 23, 2019

Logo Lagi Tema Hari Meriang Menjedul Pancasila 2020

Logo dengan tema peringatan Hari Lahir Pancasila sudah pernah ditetapkan oleh Badan Pembina Ideologi Pancasila (BPIP) sebagai pengordinir pelaksanaan peringatan. Tema dengan logo Hari Lahir Pancasila yg diperingati setiap tanggal 1 Juni ini sudah pernah dipublikasikan di website resmi BPIP sejak pertengahan Mei ini. Di samping pedoman pelaksanaan kegiatan dengan sambutan pembina upacara bendera.

Hari Lahir Pancasila, diperingati setiap tanggal 1 Juni berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2020. Hari peringatan tersebut sekaligus menjadi salah satu hari libur nasional.

Pada penyelenggaraannya di tahun 2020, Hari Lahir Pancasila mengusung tema "Kita Indonesia, Kita Pancasila". nukil dari pidato Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia (BPIP), yg dimuat di halaman bpip.go.id, Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dengan pandangan hidup bangsa yg digali oleh para "pendiri bangsa" merupakan suatu anugerah yg tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa buat bangsa Indonesia.

Indonesia, dengan keberagaman kondisi geografis, flora, fauna, hingga aspek antropologi dengan sosiologi masyarakat hanya angsal dirajut dalam bingkai kebangsaan yg inklusif. Berkat Pancasila yg berkelindan dengan nilai-nilai inklusivitas, toleransi, dengan gotong royong keberagaman tersebut menjadi suatu berkah. Indonesia untuk kita semua dengan Pancasila adalah rumah kita semua.

Disamping tema, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia juga sudah pernah menetapkan logo peringatan Hari Kelahiran Pancasila Tahun 2020. Logo ini menyertakan gambar perisai pancasila yg terdapat dengan dada burung garuda pancasila dengan latar bendera merah putih. Di sekitarnya tertulis tema Hari Lahir Pancasila, Kita Indonesia, Kita Pancasila dengan penambahan tagar #BulanPancasila2020.

Adapun logo Hari Lahir Pancasila tersebut adalah sebagai berikut:

Logo  dengan tema peringatan Hari Lahir Pancasila  sudah pernah ditetapkan oleh Logo  dengan Tema Hari Lahir Pancasila 2020

Atau dalam format portlait dengan penampilan logo sebagai berikut:

Logo  dengan tema peringatan Hari Lahir Pancasila  sudah pernah ditetapkan oleh Logo  dengan Tema Hari Lahir Pancasila 2020

Baca Juga:

Meski dalam suasana cuti menjelang Hari raya Idul Fitri, BPIP menyerukan semua lembaga wajib menyelenggarakan upacara bendera. Dan bagi ASN diwajibkan untuk mengikuti upacara tersebut. Imbauan ini sudah pernah ditindaklanjuti oleh Kemduikbud dengan Kemenag. Adalah Surat Edaran Menteri Agama Nomor: 4514/SJ/BVI/HK.00.7/05/2020 tentang Penyelenggaraan Upacara Bendera Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2020 dan Surat Edaran Nomor: 55850/A.A6.2/TU/2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Upacara Bendera Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2020 di Lingkungan Kantor Kementerian Pendidikan dengan Kebudayaan.

Akhirnya, semoga logo dengan tema Hari Lahir Pancasila 2020 ini semakin menggelorakan semangat untuk gerah tetap; harmonis merealisasikan Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara, dengan pandangan dunia yg akhirnya angsal membawa kemajuan dengan kebahagian bagi seluruh bangsa Indonesia.




No comments:

Post a Comment