Tuesday, October 29, 2019

Cara Menambah Wali Kelas Di Simpatika

Cara menambah wali kelas di layanan Simpatika, bisa dibilang sebagai 'ilmu lama' bagi operator madrasah. Setiap awal semester wali kelas memang harus kembali ditambahkan ke dalam rombongan belajar masing-masing. Namun tidak sedikit yg kesulitan, lupa, ataupun bahkan belum tahu cara memasukkan wali kelas.

Oleh karena itu, meski ilmu lama, 25 Hal yg Harus Dikerjakan di Simpatika Semester Genap dan 15 Hal yg Harus Dikerjakan Operator dengan Kamad di Simpatika, sudah pernah pernah dibahas tuntas.

Setiap awal semester, jabatan wali kelas atas direset oleh sistem simpatika. Sehingga kepala madrasah ataupun operator madrasah harus kembali memasukkan ataupun mengangkat wali kelas di setiap rombongan belajar di madrasahnya. Apalagi wali kelas merupakan salah satu tugas tambahan guru yg ekuivalensinya diakui hingga 2 JTM (berdasarkan Juknis TPG 2020). Sehingga ekuivalen JTM ini bisa digunakan untuk menambah beban kerja sehingga terpenuhi minimal 24 JTM sebagai salah satu syarat kelayakan mendapat tunjangan. Baca: Ekuivalen Tugas Tambahan Guru Berdasar Juknis TPG 2020.

Cara menambah wali kelas di layanan Simpatika Cara Menambah Wali Kelas di Simpatika

1. Cara Menambah Wali Kelas di Simpatika


Cara menambah wali kelas tidaklah sulit. Kepala Madrasah ataupun operator bisa melakukannya dengan cepat dengan mudah. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Buka halaman simpatika.kemenag.go.id lalu pilih menu login. Atau langsung buka alamat simpatika.kemenag.go.id/#!/login
  2. Pilih tombol "Login Admin"
  3. Masukkan ID (email/NUPTK) dengan password akun kepala madrasah ataupun operator
  4. Terbuka akun madrasah
  5. Klik menu "Sekolah"
  6. Klik submenu "Kelas" yg ada di kelompok submenu sebelah kiri
  7. Cara menambah wali kelas di layanan Simpatika Cara Menambah Wali Kelas di Simpatika
  8. Muncul dasbor kelas, klik "Daftar Kelas"
  9. Akan kolor lahir daftar kelas yg sudah pernah dibuat. Jika belum ataupun ada yg kurang bisa ditambahkan dengan mengklik tanda plus (+) yg ada di kelompok pojok kanan atas
  10. Klik tanda segitiga terbalik di ujung kanan nama rombel hingga kolor lahir kotak kelompok menu
  11. Klik "Edit Kelas"
  12. Cara menambah wali kelas di layanan Simpatika Cara Menambah Wali Kelas di Simpatika
  13. Muncul form Isian, klik tombol "Pilih Siswa"
  14. Muncul daftar guru di madrasah tersebut, klik dengan nama guru yg hendak diangkat sebagai wali kelas
  15. Klik "Simpan"
  16. Rombel ataupun kelas sudah memiliki wali kelas
  17. Ulangi langkah-lang tadi untuk mengangkat wali kelas di rombel lainnya
Langkah-langkah dalam menambah wali kelas secara detail bisa dilihat di video tutorial berikut ini.



2. Ekuivalen JTM Wali Kelas


Tugas tambahan sebagai wali kelas dihargai ekuivalen 2 JTM, berdasarkan Petunjuk Teknis Penyaluran Tunjangan Profesi Guru Madrasah Tahun 2020. Sebelumnya, dengan tahun anggaran 2020, wali kelas sempat ekuivalen hingga 6 JTM per minggu.

Karena itu juga, hingga artikel ini diterbitkan, saat dengan analisis kelayakan tunjangan, tugas tambahan sebagai wali kelas masih tertera dengan ekuivalen 6 JTM. Namun bisa jadi dalam waktu dekat atas segera menyesuaikan dengan Juknis TPG 2020 yg sudah pernah disyahkan.

Nah, bagi yg lupa-lupa ingat dengan cara menambah wali kelas di Simpatika, setelah membaca dengan menonton video tutorial masih terkendala? Semoga tidak.

No comments:

Post a Comment