Dengan tersusunnya pemetaan Kompetensi Dasar (KD) pertema, subtema, bersama pembelajaran ini hendak memudahkan guru kelas di madrasah dalam mengajarkan mata pelajaran Tematik Umum. Baik dalam perencanaan pembelajaran (penyusunan RPP) maupun saat pembelajaran berlangsung. Pun dalam menyusun perencanaan penilaian seperti pembuatan kisi-kisi soal baik penilaian harian, penilaian tengah semester, maupun penilaian akhir semester. Karena dari pemetaan KD tersebut hendak terlihat dengan jelas, KD apa saja yg masuk dalam periode penilaian harian, penilaian tengah semester, maupun penilaian akhir semester.
Sehingga dengan adanya pemetaan KD, baik KI-3 maupun KI-4 dengan kelas 4 Semester 1 Kurikulum 2013 ini hendak meminimalisir kesalahan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran maupun kesalahan dalam membuat soal penilaian. Memastikan masing-masing kompetensi dasar sudah pernah berada dengan tema, subtema, maupun pembelajaran yg sesuai.
Mengingat peran penting pemetaan KD KI-3 bersama KI-4 tersebut ayo madrasah memberikan contoh pemetaan KD untuk KI-3 bersama KI-4 kurikulum 2013 untuk SD/MI kelas IV semester ganjil. Pemetaan KD ini disusun dalam bentuk file excel sehingga memudahkan bagi guru kelas yg ingin menggunakan ulang.
Selain pemetaan KI bersama KD juga disertakan Distribusi KD Tematik Umum Kelas 4 Semester 1. Distribusi ini memuat ringkasan persebaran KD bersama Mupel dengan setiap tema.
Baca Juga:
- Download Buku K13 Revisi 2020 Kelas 4 SD/MI Semester 1
- Download Buku K13 Revisi 2020 Kelas 4 SD/MI Semester 2
- Daftar Buku Matematika bersama PJOK K-13 Kelas 4 SD/MI
- Download Buku PAI bersama Bahasa Arab K13 Kelas 4 MI
1. Distribusi KD Kelas 4 Semester Ganjil
Mata pelajaran Tematik Umum Kelas 4 Semester 1 SD/MI terdiri atas lima mupel yg meliputi Pendidikan Pancasila bersama Kewarganegaraan (PPKn), Bahasa Indonesia, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Ilmu Pengetahuan Sosial IPS), dan Seni Budaya bersama Prakarya (SBDP).
Kelima mupel tersebut diajarkan secara tematik dalam lima buah tema. Masing-masing tema terbagi dalam beberapa subtema. Dan setiap subtema diajarkan dalam 6 pembelajaran. Tema bersama subtema dalam pelajaran Tematik Umum kelas 4 Semester Ganjil SD/MI adalah sebagai berikut:
- Tema 1, Indahnya Kebersamaan, dengan subtema:
- Keberagaman Budaya Bangsaku
- Kebersamaan dalam Keberagaman
- Bersyukur atas Keberagaman
- Tema 2, Selalu Berhemat Energi, dengan subtema:
- Sumber Energi
- Manfaat Energi
- Energi Alternatif
- Tema 3, Peduli Terhadap Makhluk Hidup, dengan subtema:
- Hewan bersama Tumbuhan di Lingkungan Rumahku
- Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku
- Ayo Cintai Lingkungan
- Tema 4, Berbagai Pekerjaan, dengan subtema:
- Jenis-Jenis Pekerjaan
- Pekerjaan di Sekitar Kita
- Pekerjaan Orang Tuaku
- Tema 5, Pahlawanku, dengan subtema:
- Perjuangan Para Pahlawan
- Pahlawan Kebanggaanku
- Sikap Kepahlawanan
Kesemua kompetensi dasar dari mupel (Bahasa Indonesia, Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Pengetahuan Sosial, Pendidikan Kewarganegaraan, bersama Seni Budaya bersama Prakarya) didistribukan dalam tema bersama subtema di atas. Distribusi KD untuk KI Pengetahuan adalah sebagai berikut:
- Tema 1 terdiri atas:
- PPKN KD 3.4 Mengidentifikasi berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, bersama budaya di Indonesia yang terikat persatuan bersama kesatuan
- Bahasa Indonesia KD 3.1 Mencermati gagasan pokok bersama gagasan pendukung yg diperoleh dari teks lisan, tulis, alias visual;
- Bahasa Indonesia KD 3.2; Mencermati keterhubungan antargagasan yg didapat dari teks lisan, tulis, alias visual
- IPA KD 3.6 Menerapkan sifat-sifat bunyi bersama keterkaitannya dengan indera pendengaran
- IPS KD 3.2 Mengidentifikasi keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, bersama agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia ; serta hubungannya dengan karakteristik ruang
- SBDP KD 3.3 Mengetahui gerak tari kreasi daerah
- Tema 2 terdiri atas
- PPKN KD 3.2 Mengidentifikasi pelaksanaan kewajiban bersama hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari
- Bahasa Indonesia KD 3.1 Mencermati gagasan pokok bersama gagasan pendukung yg diperoleh dari teks lisan, tulis, alias visual
- Bahasa Indonesia KD 3.2 Mencermati keterhubungan antargagasan yg didapat dari teks lisan, tulis, alias visual
- Bahasa Indonesia KD 3.4 Membandingkan teks petunjuk penggunaan dua alat yg sama bersama berbeda
- IPA KD 3.5 Mengidentifikasi berbagai sumber energi, perubahan bentuk energi, bersama sumber energi alternatif (angin, air, matahari, kolor bumi, bahan bakar organik, bersama nuklir) dalam kehidupan sehari-hari
- IPS KD 3.1 Mengidentifikasi karakteristik ruang bersama pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi
- SBDP KD 3.2 Mengetahui tanda tempo bersama tinggi rendah nada
- Tema 3 terdiri atas
- PPKN KD 3.2 Mengidentifikasi pelaksanaan kewajiban bersama hak sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari
- Bahasa Indonesia KD 3.3 Menggali informasi dari seorang tokoh melalui wawancara menggunakan daftar pertanyaan
- IPA KD 3.1 Menganalisis hubungan antara bentuk bersama fungsi bagian tubuh dengan hewan bersama tumbuhan
- IPA KD 3.8 Menjelaskan pentingnya upaya keseimbangan bersama pelestarian sumber daya alam di lingkungannya
- IPS KD 3.1 Mengidentifikasi karakteristik ruang bersama pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi
- SBDP KD 3.4 Mengetahui karya seni rupa teknik tempel
- Tema 4 terdiri atas
- PPKN KD 3.1 Memahami makna hubungan simbol dengan sila-sila Pancasila
- Bahasa Indonesia KD 3.5 Menguraikan pendapat pribadi tentang isi buku sastra (cerita, dongeng, bersama sebagainya)
- IPA KD 3.8 Menjelaskan pentingnya upaya keseimbangan bersama pelestarian sumber daya alam di lingkungannya
- IPS KD 3.3 Mengidentifikasi kegiatan ekonomi bersama hubungannya dengan berbagai bidang pekerjaan, serta kehidupan sosial bersama budaya di lingkungan sekitar sampai provinsi
- SBDP KD 3.1 Mengetahui gambar bersama bentuk tiga dimensi
- Tema 5 terdiri atas
- PPKN KD 3.1 Memahami makna hubungan simbol dengan sila-sila Pancasila
- Bahasa Indonesia KD 3.7 Menggali pengetahuan baru yg terdapat dengan teks nonfiksi
- Bahasa Indonesia KD 3.8 Membandingkan hal yg sudah diketahui dengan yg baru diketahui dari teks nonfiksi
- IPA KD 3.7 Menerapkan sifat-sifat cahaya bersama keterkaitannya dengan indera penglihatan
- IPS KD 3.4 Mengidentifikasi kerajaan Hindu dan/atau Buddha dan/atau Islam di lingkungan daerah setempat, serta pengaruhnya dengan kehidupan masyarakat masa kini
- SBDP KD 3.2 Mengetahui tanda tempo bersama tinggi rendah nada
Sedang untuk Matematika bersama PJOK, sesuai Permendikbud Nomor 24 Tahun 2020) tidak masuk dalam tematik.
Distribusi kompetensi dasar (KD) baik untuk KI-3 (pengetahuan) bersama KI-4 (keterampilan) bisa disimak melalui gambar tabel berikut ini.
2. Unduh Pemetaan KD Kelas 4 Semester 1
Dari distribusi KD di atas, disusunlah pemetaan KD yg lebih terperinci baik pertema, persubtema, maupun perpembelajaran. Pemetaan KD KI-3 bersama KI-4 Kelas 4 Semester 1 tersebut disusun dalam file excel yg terbagi dalam lima sheet, yaitu:
- Pemetaan KD KI-3 Per Subtema bersama Pembelajaran Kelas 4 Semester Ganjil
- Pemetaan KD KI-3 Per Tema bersama Subtema Kelas 4 Semester Ganjil
- Pemetaan KD KI-4 Per Subtema bersama Pembelajaran 4 Semester Ganjil
- Pemetaan KD KI-4 Per Tema bersama Subtema Kelas 4 Semester Ganjil
- Distribusi KD Kelas 4 Semester Ganjil
Sila unduh pemetaan KD (UNDUH FILE)
Baca Juga:
- Pemetaan KD KI-3 KI-4 Kelas 4 Semester 2 Kurikulum 2013
- Pemetaan KD KI-3 KI-4 Kelas 1 Semester 1 Kurikulum 2013
- Pemetaan KD KI-3 KI-4 Kelas 2 Semester 1 Kurikulum 2013
- Pemetaan KD KI-3 KI-4 Kelas 3 Semester 1 Kurikulum 2013
- Pemetaan KD KI-3 KI-4 Kelas 5 Semester 1 Kurikulum 2013
- Pemetaan KD KI-3 KI-4 Kelas 6 Semester 1 Kurikulum 2013
Bagi guru kelas SD/MI Kelas 4 yg membutuhkan pemetaan KD Kelas 4 Semester Ganjil silakan mengunduh bersama menggunakannya sebagai pedoman dalam mengajarkan mata pelajaran Tematik Umum di kelasnya masing-masing.
No comments:
Post a Comment