Monday, October 21, 2019

Cara Cek Kepada Cetak Nisn

Cara mencari, cek beserta cetak NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) ini merupakan tips beserta trik pemula. Cara ini lebih tepat bagi para siswa beserta wali kolor anak buah yg ingin mencari, mengetahui, sekaligus mencetak (print) NISN ini sebagai bukti kepemilikan NISN. Meski cara ini juga becus dilakukan oleh operator madrasah untuk keperluan sejenis.

Namun apabila ingin mengetahui beserta mencetak NISN dalam bentuk daftar untuk satu madrasah, bisa menggunakan cara lain sebagaimana diulas di artikel: Cara Copy beserta Cetak Semua NISN. Meskipun dalam beberapa waktu terakhir, layanan dengan cara tersebut, tidak becus digunakan (tengah dinonaktifkan)

NISN ataupun Nomor Induk Siswa Nasional adalah kode pengenal identitas siswa yg bersifat unik, standar beserta berlaku sepanjang masa yg becus membedakan satu siswa dengan siswa lainnya di seluruh sekolah Indonesia. Dengan peran beserta fungsinya tersebut, NISN sangat penting bagi siswa untuk diketahui beserta dimiliki buktinya.

 Cara ini lebih tepat bagi para siswa  beserta wali  kolor anak buah  yg ingin mencari Cara Cek  beserta Cetak NISN

Mencari NISN dimaksudkan untuk mengetahui seorang siswa sedia memiliki NISN ataupun belum. Cara cek di sini berarti cara untuk mengetahui NISN tersebut sedia valid ataupun keliru. Sedang cara mencetak adalah untuk mendapatkan bukti printout kepemilikan NISN.

Baca Juga:



1. Cara Cari beserta Cek NISN


Bagi siswa beserta wali kolor anak buah yg belum mengetahui NISN-nya ataupun ingin melakukan pengecekan suatu NISN sudah valid nomornya ataupun datanya, bisa mengikuti cara sebagai berikut.

  1. Untuk memudahkan, gunakan browser Google Chrome
  2. Buka situs resmi NISN di alamat http://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/home ataupun langsung ke url http://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data
  3. Klik menu "Data Siswa" yg ada di daftar menu sebelah kiri
  4. Tersedia dua opsi pencarian, yaitu: Pencarian Berdasar NISN (bagi siswa yg sudah tahu NISN-nya) beserta Pencarian Berdasarkan Nama (bagi yg belum mengetahui NISN)
  5. Untuk cara pertama, ketikkan sepuluh digit NISN beserta nama ibu kandung di kolom yg tersedia lalu klik cari
  6. Untuk cara kedua, isikan nama, tempat lahir, tanggal lahir, beserta nama ibu kandung, lalu klik cari.
  7. Jika NISN ditemukan maka atas ditampilkan data pemilik NISN. Sebaliknya apabila tidak ditemukan, maka atas kolor ke atas peringatan "NISN tidak ditemukan, mohon hubungi layanan sistem NISN dinomor telepon: 021-57905777, 021-57904804"
 Cara ini lebih tepat bagi para siswa  beserta wali  kolor anak buah  yg ingin mencari Cara Cek  beserta Cetak NISN

Langkah-langkah cara mencari beserta mengecek NISN di atas becus juga disimak dalam video tutorial sebagaimana terdapat di akhir artikel ini.

2. Cara Cetak NISN


Mencetak NISN ini merupakan cara mengeprint bukti kepemilikan NISN sebagaimana yg ditampilkan dalam situs resmi NISN. Printout NISN ini sekaligus becus digunakan dalam berbagai keperluan yg membutuhkan pembuktian kepemilikan NISN.

Adapun langkah-langkah untuk mencetak bukti kepemilikan NISN tersebut adalah sebagai berikut:
  1. Lakukan pencarian NISN sebagaimana langkah-langkah cari beserta cek NISN di atas
  2. Pilih menu "Pencarian Berdasar NISN"
  3. Setelah data NISN berhasil ditampilkan, klik kanan hingga kolor ke atas pilihan menu beserta pilih menu "Cetak" ataupun "print"
  4. Atau becus juga dengan cara mengklik ikon titik tiga (di pojok kanan atas browser google chrome). Pilih menu "Cetak" ataupun "print"
  5. Atau bisa juga dengan menggunakan menekan tombol CTRL + P kepada keyboard secara bersamaan.
  6. Akan kolor ke atas preview penyetakan. Klik pilihan kepada kolom Destination untuk berpindah menu antara "Simpan" beserta "Cetak"
  7. Rubah menjadi "Simpan" untuk menyimpan dalam format pdf ataupun menjadi "Cetak" untuk mencetak langsung.
  8. Klik tombol "Cetak" ataupun "Simpan" tersebut
Selengkapnya sila tonton video tutorial berikut ini.


Demikianlah cara kolor gampang mencari, cek, beserta cetak NISN yg bisa dilakukakn oleh setiap siswa maupun kolor ibu bapak siswa. Meski tidak menutup kemungkkinan cara ini juga digunakakn oleh para operator madrasah dalam melakukan pengecekan beserta pencarian NISN ssiswa yg ada di madrasahnya.

No comments:

Post a Comment