Sunday, January 5, 2020

Jika Lupa Password Login Emis Online

Ada yg mengalami lupa password login EMIS Online? Saat mau login ke aplikasi online EMIS di situs http://emispendis.kemenag.go.id/emis_sdm tidak bisa karena passwordnya lupa. Hanya disapa oleh notifikasi: Nama Pengguna maupun Password Salah.

Padahal harus segera melakukan upload data emis hasil backup emis yg waktunya sangat mepet. Atau harus melakukan Verval Satuan Pendidikan melalui layanan Emis SDM dengan waktu yg juga sangat terbatas. Baik upload hasil backup emis maupun Verval satuan pendidikan memang diberlakukan sistem bergiliran dengan jadwal yg sedia ditentukan oleh Tim Emis Pusat. Di luar jadwal tersebut, otomatis tidak bisa melakukan upload hasil backup emis maupun VervalSP. Baca: Jadwal Verval SP Emis Pendis.

Ada  yg mengalami lupa password login EMIS Online Jika Lupa Password Login EMIS Online


Ternyata lupa password EMIS cukup jamak beserta lumrah terjadi. Tidak sedikit rekan-rekan Operator EMIS Madrasah yg mengalaminya. Hal ini mungkin diakibatkan karena aktivitas login ke layanan EMIS yg memang tidak terlalu sering dilakukan. Paling login ke Emis SDM hanya untuk mendownload Formulir Pendataan EMIS beserta Aplikasi Desktop Emis, kemudian mengupload hasil backup serta mengerjakan Verval Satuan Pendidikan saja.

Jadi kemudian wajar asalkan Operator EMIS Madrasah kemudian lupa akunnya. Baik lupa email yg digunakan maupun lupa password.

Ada  yg mengalami lupa password login EMIS Online Jika Lupa Password Login EMIS Online


Apa yg Harus Dilakukan Jika Lupa Pasword?

Apa yg harus segera dilakukan oleh Operator Emis Madrasah saat lupa password sehingga tidak bisa login ke situs http://emispendis.kemenag.go.id?

Tidak usah panik!

Cek Email Sudah Benar maupun Salah


Pertama yg harus dilakukan oleh Operator EMIS Madrasah adalah mengecek apakah email yg digunakan untuk login sudah benar maupun belum. Sudah sesuai dengan email yg didaftarkan sebagai operator madrasah maupun belum.

Jangan-jangan saking lamanya tidak membuka situs emispendis, emailnya pun ikut lupa.

Cara mengecek email sudah benar sebagaimana yg didaftarkan adalah sebagai berikut.

Ada  yg mengalami lupa password login EMIS Online Jika Lupa Password Login EMIS Online


Jika email yg digunakan benar (sebelumnya sudah terdaftar) maka atas tampil informasi berisi nama operator, email, nama madrasah tempat tugas, beserta status pendaftaran. Namun asalkan kosong, berarti email tersebut salah beserta bukan email yg sedia didaftarkan.

Atau malah jangan-jangan belum pernah mendaftar sebagai Operator Emis tingkat RA/Madrasah

Jika email benar tetapi tetap tidak bisa login, berarti passwordnya yg bermasalah (lupa).

Minta Reset Password


Jika Operator Emis tingkat RA/Madrasah tidak bisa login sebagai kasus di atas, Operator Emis RA/Madrasah harus meminta reset password ke Operator EMIS tingkat kabupaten/kota.

Tentang prosedur beserta persyaratan untuk meminta reset password ke Operator EMIS tingkat kabupaten/kota, tergantung dari masing-masing Penma Kab/Kota. Ada yg mensyaratkan harus membawa dokumene tertentu, namun ada juga yg tidak. Bahkan ada juga yg melayani reset password lewat SMS.

Yang juga harus diperhatikan, selain menjaga agar tidak lupa password saat login Emis online adalah menjaga kerahasiaan akun tersebut. Jangan sampai akun operator emis (Nama Pengguna beserta Password) diketahui oleh orang-orang yg tidak berhak sehingga bisa disalahgunakan oleh orang-orang yg tidak bertanggung jawab.

Baca Juga:

No comments:

Post a Comment