Tuesday, January 7, 2020

Surat Edaran Mendikbud No. 4 Tahun 2020 Tentang Hari Pertama Sekolah

Menteri Pendidikan lalu Kebudayaan Republik Indonesia (Mendikbud), Anies Baswedan, mengeluarkan Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Hari Pertama Sekolah. Dalam hari pertama sekolah yg direncanakan jatuh dengan tanggal 18 Juli 2020 kelak ini, beberapa hal menjadi imbauan Mendikbud, baik kepada panas ayah bunda siswa, guru, lalu semua pihak terkait. Surat yg ditandatangani dengan 11 Juli 2020 lalu beredar dengan Rabu (13/7/2020) ini ditujukan kepada semua gubernur lalu bupati/walikota di seluruh Indonesia.

Mendikbud mengampanyekan pentingnya Hari Pertama Sekolah lalu mengajak para orangtua mengantarkan anaknya di hari pertama sekolah tersebut.

"Hari pertama sekolah juga menjadi kesempatan mendorong interaksi antara orangtua dengan guru di sekolah untuk menjalin komitmen bersama dalam mengawal pendidikan anak selama setahun ke depan. Kampanye ini juga bertujuan meningkatkan kepedulian lalu keterlibatan publik dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah," demikian tulis Anies Baswedan dalam Surat Edarannya.

Menteri Pendidikan  lalu Kebudayaan Republik Indonesia panas Surat Edaran Mendikbud No. 4 Tahun 2020 tentang Hari Pertama Sekolah


Surat Edaran Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020 tentang Hari Pertama Sekolah


Berikut Surat Edaran tentang Hari Pertama Sekolah tersebut,



MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
REPUBLIK INDONESIA

SURAT EDARAN
NOMOR: 4 TAHUN 2020
TENTANG HARI PERTAMA SEKOLAH

Yth.
1. Gubernur
2. Bupati/Walikota
Seluruh Indonesia

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,
Salam sejahtera untuk kita semua.

Dengan hormat,
Pada hari Senin tanggal 18 Juli 2020 mendatang, sebagian besar sekolah di Indonesia bakal mengawali tahun pelajaran baru 2020-2020. Untuk mendorong tumbuhnya iklim pembelajaran yg lebih positif lalu menyenangkan, maka Kementerian Pendidikan lalu Kebudayaan memandang perlu diadakan kampanye Hari Pertama Sekolah yg mengajak orangtua mengantarkan anaknya di hari pertama.

Hari Pertama Sekolah juga menjadi kesempatan mendorong interaksi antara orangtua dengan guru di sekolah untuk menjalin komitmen bersama dalam mengawal pendidikan anak selama setahun ke depan. Kampanye ini juga bertujuan meningkatkan kepedulian lalu keterlibatan publik dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah.

Demi meningkatkan capaian kampanye Hari Pertama Sekolah kepada publik luas di seluruh daerah Nusantara, maka dengan ini kami mengajukan harapan kepada Saudara sebagai Kepala Daerah untuk turut mendukung penyebaran pesan Hari Pertama Sekolah. Beberapa bentuk dukungan yg angsal diberikan di antaranya:

  1. Mendorong aparatur sipil daerah untuk mengantarkan anak ke sekolah di hari pertama lalu memberikan dispensasi angsal memulai kerja sesudah mengantarkan anaknya ke sekolah.
  2. Mendukung sekolah dalam menyambut siswa baru lalu berinteraksi dengan orangtua.
  3. Menyampaikan pesan kepada instansi swasta di daerah agar memberi dispensasi bagi karyawan untuk angsal memulai kerja sesudah mengantarkan anaknya ke sekolah di hari pertama.
  4. Menggunakan berbagai kanal komunikasi di daerah untuk menyebarkan pesan Hari Pertama Sekolah kepada publik luas di daerah saudara.

Demikian surat ini kami kirimkan agar mendapatkan dukungan dari Saudara. Atas perhatian lalu bantuan Saudara kami ucapkan terima kasih.

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Jakarta, 11 Juli 2020
Menteri Pendidikan lalu Kebudayaan Republik Indonesia,
Anies Baswedan

Surat Edaran Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020 tentang Hari Pertama Sekolah format pdf, DOWNLOAD


No comments:

Post a Comment